Categories
Feature

Kaos Persib Bisa Laku Kalau Persibnya Juara dan Main Terus

UDIN (33), pemilik outlet Supershop di Halaman Stadion Persib, selalu berharap Persib menjadi juara. Memang, katanya, penjualan kaos Persib bisa meningkat kalau Persib berprestasi dan banyak main di Bandung.

“Pada liga kemarin ada sanksi tidak boleh bermain di Bandung. Itu sangat berpengaruh, karena kami tidak bisa berjualan langsung di stadion,” kata Udin di outletnya Supershop, Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Rabu (29/1/2020).

Kaos Persib Bisa Laku Selusin

Menurut Udin, dia bisa menjual satu lusin per harinya jika sedang ramai. Tapi, katanya, kalau lagi sepi paling hanya satu atau dua kaus per hari.

“Alhamdulillah kalau lagi sepi juga ada yang beli, yang namanya usaha mah ada turun naiknya,” kata Udin.

Untuk memenuhi keinginan bobotoh, Udin memproduksi sendiri kaus-kaus tersebut. Dia pun untuk memenuhi permintaan mendirikan rumah produksi di kawasan Sadang Serang.

Menurutnya kalau sedang banyak permintaan, setiap minggunya, harus ada desain baru. “Kalau kondisinya meningkat, produksinya bisa seminggu sekali, harus ada edisi yang baru dan desain yang baru,” katanya.

Udin merasakan permintaan kaus akhir-akhir ini terus berkurang. Hal itu dia rasakan setelah prestasi Persib menurun.

“Yang namanya usaha sudah begini, ya, di-keureuyeuh we pak. Persib na rame, penjualan rame, Persib na turun, penjualan ge ikut turun,” katanya.

Dia mengaku sejak Persib juara liga dan Piala Presiden, membuka cabang di Bogor, Ciwidey, Sukabumi, Padalarang, dan Tasikmalaya.

Menurut Udin karena permintaan di Bandung menurun, imbasnya ke daerah-daerah. Cabang-cabang terpaksa ditutup.

Kejadian itu terasa sejak tahun lalu, sejak Persib disanksi tak boleh main di Bandung, katanya.

“Kalau di Bandung ada pertandingan saya suka berjualan di jalan, pakai mobil. Sekarang, kan, mainnya di luar terus, tidak di Bandung, terus tanpa penonton, kemudian imbas pemilu 2019, daya beli semakin berkurang,” ujarnya.

Udin berharap permintaan kaus bobotoh stabil. Terus, katanya, daya beli masyarakat normal lagi. Yang terpenting, kata Udin, Persib juara lagi

“Kalau Persib juara, pedagang mah alhamdulillah,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *