TOKO buku yang paling populer di Kota Bandung adalah Toko Buku Gramedia. Toko yang berkonsep memberikan kebebasan pada pengunjungnya untuk membaca buku sepuasnya di tempat  menjadi pilihan favorit penggemar buku di kota ini.

Awalnya hanya ada satu Toko di Kota Bandung yakni di Jalan Merdeka No. 43. Sejak tahun 1980-an toko ini sudah menjadi pilihan utama pelajar, mahasiswa, maupun para pecandu pembaca buku.

Seiring dengan perjalanan waktu Toko ini mulai tersebar di kota ini. Kini toko ini pun juga ada di Festivalcitylink Jl. Peta No. 241, di Trans Studio Mall  Lt. I Unit A199 Jl. Gatot Subroto No. 289,  di Istana Plaza Lt. 3 Unit TF-C1 Jl. Pasir Kaliki 121-123 Pamoyanan, dan di mal Paris van Java  Jalan Sukajadi No. 137-139 Bandung.

Toko Buku ini didirikan pada 2 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri Kelompok Kompas – Gramedia (KKG). Dijelaskan dalam laman gramediaonline.com, toko ini berawal  dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat.

toko buku gramedia
Toko Buku Gramedia Jalan Merdeka Bandung | FOTO serbabandung.com

Toko Buku ini  sampai dengan akhir tahun 2010 telah tumbuh dan berkembang menjadi 94 toko buku Gramedia, Rumah Buku sebanyak 2 buah, Gramedia Book International sebanyak 1 buah, Trimedia sebanyak 3 buah, yang seluruhnya tersebar di Indonesia bahkan manca negara.

Menurut laman gramediaonline.com Kelompok Kompas – Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang ada.

Gramedia Menjual Peralatan Kantor

Toko Buku Gramedia tidak hanya menawarkan buku. Beragam produknya sudah semakin berkembang, antara lain: stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, dan berbagai produk lain.

Toko ini didukung ratusan penerbit dan pemasok dalam dan luar negeri, termasuk di dalamnya beberapa penerbit intern KKG, seperti Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Majalah.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.