Wisata Kampung Cina di China Town Jalan Kelenteng Bandung

INI bukan Chinatown sungguhan. Tetapi suasananya benar-benar menyerupai kawasan permukiman warga Tionghoa. Lampion, sepeda ontel, kedai-kedai, hingga tempat makan. Wisata kampung Cina ini  benar-benar dikondisikan seperti Chinatown sungguhan.

Chinatown sudah banyak dibicarakan hingga mulai menyebar di media sosial seperti facebook, instagram, atau twitter. Tempat yang instagramable membuat siapa pun yang difoto di sana tak lupa untuk mempostingnya di akun instagram.

Wisata kampung Cina atau Chinatown ini berada di Jalan Kelenteng No 41, Kota Bandung. Area di bekas Gedung Perhimpungan Sosial Mayarakat Bandung ini luasnya mencapai 3.000 meter persegi. Bangunannya tak jauh dari Vihara Seyta Budhi dan pertigaan Jalan Kelenteng-Jalan Saritem.

Jalan Kelenteng sajak dulu terkenal menjadi kawasan pecinan di Kota Bandung. Jalan ini sering disebut Chinatown-nya Kota Bandung, bersama kawasan lainnya, seperti Jalan Cibadak, Pasar Baru, Banceuy, dan Jalan Pecinan.

wisata kampung cina
Wisata kampung Cina di China Town, Jalan Kelenteng, Bandung. | Foto serbabandung.com

Pengunjung bisa mendapatkan berbagai kuliner dan suvenir khas Cina di sini. Ada sekitar 70 stan dengan 20-25 persen chinese food. Kuliner yang ditawarkan dijamin halal meski menunya adalah masakan khas Cina. Semuanya merupakan produksi usaha kecil yang diundang pengelola untuk meramaikan tempat wisata ini.

Di sini pun banyak objek foto dan background pemandangan, mural, dan lampion. Suasananya terasa berada di Kampung Cina atau Hongkong. Kadang pengunjung yang datang ke sini memang berniat hanya untuk berfoto-foto. Spot yang menarik untuk berfoto di antaranya jembatan kayu khas Cina, tempat cukur, dan sepeda ontel.

Wisata Kampung Cina Layaknya Chinatown

Di sini tersedia area permainan anak di bagian belakang. Fasilitas tersebut untuk memberikan kenyamanan kepada para orang tua yang sedang minikmati sajian khas.

Mengunjungi Chinatown sebaiknya pada sore hari atau malam hari. Tempat ini akan semakin terasa di kampung Cina dengan lampion-lampion warna-warnai dan bercahaya bergelantungan karena lampunya dinyalakan.

Untuk menikmati suasana Kampung Cina di Jalan Kelenteng ini, wisatawan domestik atau mancanegara cukup mengeluarkan Rp 10 ribu untuk Senin-Kamis, dan Rp 20 ribu untuk Jumat-Minggu. Chinatown buka Senin-Kamis pukul 12.00-22.00 dan Jumat-Minggu pukul 12.00-00.00.

Untuk ke Chinatown di Jalan Kelenteng, pengunjung bisa mengambil akses dari Jalan Sudirman. Dari arah Alun-alun tinggal lurus. Kemudian belok kanan di simpang empat Jalan Cibadak-Kelengteng-Sudirman. Bisa juga dari arah Cibadak. Pengunjung tinggal lurus saja menyebrang Jalan Sudirman. *

Ingin mengetahui kawasan pecinan d Bandung? Simak tulisan di bawah ini yang menunjukkan beberapa tempat yang patut diketahui. http://www.serbabandung.com/china-town-di-bandung/

Posted by Serba Bandung on Sunday, August 13, 2017

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

4 tanggapan untuk “Wisata Kampung Cina di China Town Jalan Kelenteng Bandung

  • 21/08/2017 pada 11:34 PM
    Permalink

    sangat baru dan fresh informasinya, terima kasih min menjadi referensi wisata baru di bandung nih.

    Balas
    • 29/08/2017 pada 6:16 PM
      Permalink

      Terima kasih Mas Dian. Saya juga sering baca tempatwisatabandung.info. Sangat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ke serbabandung.com.

      Balas
    • 30/11/2017 pada 10:53 PM
      Permalink

      Siap, sama-sama.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.