Jalan Kelenteng Pesona Pecinan di Kota Bandung

INGIN merasakan suasana Cina Town (pecinan) di Bandung? Datang saja ke Jalan Kelenteng. Jalan ini merupakan salah satu kawasan Pecinan selain kawasan Pasar Baru, Jalan Pecinan Lama hingga Jalan Banceuy.

Untuk menuju ke Jalan Kelenteng bisa masuk dari Jalan Sudirman, atau dari Jalan Kebonjati. Bisa juga dari arah Jalan Cibadak. Di sini masih banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas warga Tionghoa.

Bagi yang tidak boleh makan daging babi sebaiknya bertanya dulu pada pedagannya. Di sini memang banyak kuliner yang berbahan daging babi. Tetapi selain makanan yang berbahan daging babi ada juga yang terbuat dari nondaging babi, seperti bubur kacang tanah misalnya.

Deretan pedagang kuliner di Jalan Kelenteng Bandung. | Foto serbabandung.com # serbabandung
Deretan pedagang kuliner di Jalan Kelenteng Bandung. | Foto serbabandung.com # serbabandung

Di sepanjang jalan mulai dari Jalan Sudirman hingga tembus ke Jalan Kebonjati masih ada bangunan berasitektur gaya lama. Salah satunya yang ditunjukkan oleh pedagang di kios rokok tak jauh dari Vihara Satya Budhi. Kata dia bangunan yang dindingnya bercat putih dan kosennya berwarna biru  itu sudah ada sejak jaman Belanda.

Bangunan lainnya yang berada di depan gerbang Vihara. Rumah yang bagian depannya tertutup roda pedagang itu arsitekturnya masih bergaya lama. Di samping rumah itu pun demikian. Asitektur lamanya masih tetap dipertahankan.

Yang paling memesona di jalan ini adalah bangunan vihara. Namanya Vihara Satya Budhi. Dalam beberapa blog ditulis Vihara atau kelenteng ini diresmikan pada 1855. Ketika akan masuk vihara ini biasanya petugas keamanan yang berjaga di pintu gerbang akan menanyakan kepentingannya untuk apa.

Biasanya jika tujuannya untuk mengambil foto, petugas tersebut mempersilakannya. Asal jangan masuk ke vihara tersebut. Pengambilan foto hanya diperbolehkan di luar pagar depan vihara tersebut. Satu syarat lagi jangan sampai menggangu orang yang lagi beribadah di sana.

Di depan vihara tersebut terdapat lahan kosong yang cukup luas untuk parkir kendaraan yang akan beribadah. Di sana juga terlihat pohon besar. Yang menarik ada burung perkutut terbang bebas. Menurut orang yang kebetulan sedang berada di sana, di lapangan tersebut memang banyak burung perkutut yang terbang bebas. *

UPDATE

Di Jalan Kelenteng terdapat tempat wisata kampung Cina. Namanya Chinatown. Tempat wisata ini berada di Jalan Kelenteng No 41 Bandung. Di sini tersedia kuliner dan suvernir khas Cina.

 

Pesona Jalan Kelenteng Bandung

  • Jajanan Kuliner
  • Bangunan bergaya lama
  • Vihara Satya Budhi
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.