Rumah Bunga Rizal, Tempat Wisata yang Suka Bunga di Maribaya

Bagi yang suka bunga sebaiknya baca informasi penting di bawah ini. Sebuah kebun produksi Jalan Raya Maribaya Km 2,4 Lembang bisa menjadi pilihan. Namanya Rumah Bunga Rizal. Kebun produksi ini sudah ada sejak tahun 1978. Awal kehadiran kebun bunga ini dari hobi para pengelolanya.

Selain berkebun, mereka memproduksi sejumlah produk kreatif penunjang hobi dan berkebun, seperti cover pot, kawat penyangga tanaman, kawat gantung, dan lain-lain. Semua produk tersebut merupakan buatan tangan, dengan mutu terjaga.

Pada 2002, Rumah Bunga Rizal mengubah konsep kebun produksi menjadi kebun wisata. Mereka berusaha memberi pelayanan lebih baik dengan menawarkan suasana kebun yang nyaman dan bersih. Tempat wisata ini pun menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung.

Sensasi yang ditawarkan Rumah Bunga Rizal suasana rumah yang enak bisa dinikmati bersama keluarga atau teman dekat. Di tempat wisata yang buka pukul 07.00-16.00 setiap hari, termasuk pada hari libur, pengunjung bisa mengadakan acara arisan, reuni, atau karyawisata. Untuk menggelar acara-acara tersebut silakan reservasi tempat terlebih dahulu.

Rumah Bunga Rizal
Kegaitan pelatihan di Rumah BUnga Rizal, Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. | Foto http://www.rumahbunga-rizal.com

Anggrek adalah komoditas andalan yang budidayakan di kebun Rumah Bunga Rizal sejak 1985. Utamanya memproduksi anggrek jenis Phalaenopsis (anggrek bulan), mulai dari bibit dalam botol, seedling, anggrek remaja, hingga berbunga. Di sini juga bisa menemukan berbagai anggrek jenis lain, seperti Dendrobium, Cattleya, Vanda, Bulbophylum, dan lain-lain.

Kaktus merupakan komoditas pertama yang dibudidayakan di sini. Pembudidayaan kaktus berlangsung sejak 1979. Sampai sekarang, kaktus tetap diminati karena keunikan bentuk, keragaman warna, dan harganya yang relatif terjangkau.

Tanaman hias pun mulai dikembangkan di sini sejak 2003, dan menempati urutan produksi ketiga setelah anggrek dan kaktus. Jumlah tanaman hias memang belum sebanyak dua komoditas seniornya, namun dari jumlah tersebut telah memiliki cukup banyak tanaman hias daun dan tanaman hias gantung yang siap untuk dipasarkan.

Selain memproduksi berbagai macam anggrek, kaktus, dan tanaman hias, Rumah Bunga Rizal memproduksi berbagai peralatan penunjang hobi dan berkebun, seperti kawat gantung berbagai ukuran, ring pot holder, pot batok kelapa dan lain sebagainya.

Rumah Bunga Rizal

Jalan Raya Maribaya Km. 2,4 Lembang
Bandung 40391
Telp./Fax. : (022) 2786321
e-mail : rizalorchids@yahoo.com

Bahan tulisan ini diambil dari http://www.rumahbunga-rizal.com/index.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.