Menara Jam yang Berdiri di Kota Bandung

SERING lewat simpang Jalan Cihampelas-Jalan Wastukencana, tepatnya di Jalan Doktor Abdul Rivai. Bila sering pasti selalu melihat sebuah taman yang di tengahnya berdiri sebuah tugu yang di atasnya terdapat jam. Tugu ini adalah salah satu tugu di Kota Bandung yang terdapat jamnya. Nama tugu tersebut  Menara Jam Ria Pembangunan. Tugu ini diresmikan pada 25 Oktober 1982. Tugu yang bercat putih tersebut diresmikan oleh Nelly Adam Malik, istri mantan wakil presiden RI Adam Malik.

Jam Menara Ria Pembangunan di Jalan Doktor Abdul Rivai. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Jam Menara Ria Pembangunan di Jalan Doktor Abdul Rivai. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Taman yang mengelilingi tugu tersebut terlihat terpelihara. Pohon-pohon terlihat terpotong rapi. Sedangkan rumput terhampar hijau. Kalau pun ada sampah hanya beberapa potongan kertas dan plastik.

Di Bandung tidak banyak yang bangunannya terpasang jam. Selain jam menara ria pembangunan salah satunya adalah menara jam di Simpang Lima. Bangunan yang belum lama berdiri ini untuk menggantikan tugu Dasasila Bandung yang dipindahkan ke Jalan Asia Afrika dekat Gedung Merdeka. Pemindahan tersebut untuk memperingati ke-60 Konferensi Asia Afrika.

Menara jam yang berwarna merah itu setinggi 15 meter terdiri dari 11 kotak. Di dalam 10 kotak tersebut tertulis nama-nama 109 negara yang mengikuti Konferensi Asia Afrika. Adapun di kotak kesebelas terdapat jam yang memiliki empat muka. Di puncak menara itu tertancap bendera merah putih.

Di dasar menara tersebut terhampar rumput hijau yang dikelilingi tembok yang melingkar. Di tembok tersebut terdapat beberapa batu seperti yang berada di Jalan Asia Afrika, namun ukurannya lebih kecil. Selain itu lampu siap menerangi menara tersebut pada malam hari.

Salah satu gedung yang di atasnya terpasang jama adalah Gedung Bank Mandiri di simpang Jalan Asia Afrika-Jalan Banceuy. Gedung rancangan arsitek Belanda R.L.A. Schoemaker ini memiliki gaya arsitektur Neo Klasik (art deco ornamental). Bentuk langka, unik, dan kaya akan hiasan ornamen. Sebuah menara jam yang berdiri di atas sudut bangunan, ini menjadi pembeda dengan gedung lainnya di kawasan Asia Afrika.

Gedung yang memiliki luas bangunan 1212.00m2 dan luas lahan 8432.00m2 awalnya digunakan Nederlandsc Indische Escompto Maatschappij atau disingkat NIEM. NIEM adalah bank yang beroperasi pada jaman penjajahan Belanda. Bank yang lebih dikenal dengan nama bank Escompto didirikan pada 1857, dan beroperasi sampai tahun 1958. *

Menara Jam di Bandung

– Jam Menara Ria Pembangunan
Jalan Doktor Abdul Rivai
– Menara Jam di Simpang Lima
– Gedung Bank Mandiri
Jalan Asia Afrika-Jalan Banceuy

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.