Goethe Institut Bandung Tempat Mengenal dan Belajar Tentang Jerman

Ingin mengenal budaya Jerman? Silakan datang ke Goethe Institut Bandung. Goethe Institut Bandung adalah institut kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktivitasnya ada di banyak negara. Selain di Bandung Goethe-Institut hadir di Jakarta serta Goethe-Zentrum di Surabaya.

Goethe-Institut Bandung didirikan pada 1971. Goethe Institut Bandung berada di Jalan LLRE Martadinata atau Riau No. 48. Pusat kebudayaan Jerman di Bandung ini buka setiap Selasa-Sabtu pukul 12.00–18.00.

Dalam laman resminya dituliskan, Goethe-Institut menerapkan standar yang diakui secara internasional dalam pengajaran “Deutsch als Fremdsprache” atau “Bahasa Jerman sebagai bahasa asing.”

Goethe Institut Bandung
Goethe Institut Bandung di Jalan LLRE Martadinata No. 48, Bandung. | Foto https://www.goethe.de/ins/id/id/sta/ban.html

Goethe-Institut Bandung menyelenggarakan kursus bahasa, mengembangkan materi ajar, membina mereka yang sedang belajar. Selain itu  turut berpartisipasi dalam penelitian ilmiah dan inisiatif politik kebahasaan.

Goethe-Institut juga mendukung kerja sama kebudayaan di antaranya  mengadakan acara budaya atau berpartisipasi dalam festival di bidang film, tari, musik, teater, pameran, sastra, dan penerjemahan.

Goethe-Institut Bandung menyajikan gambaran aktual mengenai Jerman melalui perpustakaan dan pusat informasi; forum diskusi; aneka publikasi cetak, audio, dan video; serta program kunjungan, dan dengan demikian memfasilitasi wacana internasional mengenai tema-tema kunci yang berkembang dalam masyarakat yang semakin membaur berkat globalisasi.

Perpustakaan Goethe Institut Bandung

Perpustakaan Goethe-Institut Bandung terbuka untuk umum dan pemakaian buku dan media di perpustakaan tidak dikenakan biaya. Namun bagi yang berminat meminjam buku dan media lainnya untuk dibawa pulang, herus punya kartu perpustakaan.

Untuk mendapatkan kartu tersebut harus mendaftar dengan menyertakan kartu tanda penduduk atau dokumen jati diri lain yang dilengkapi keterangan tempat tinggal, misalnya SIM, ditambah 2 pas photo. Adapun bagi pelajar/mahasiswa bisa menyerahkan kartu pelajar/mahasiswa. Bagi peserta kursus menyerahkan kartu peserta kursus. Peminjaman berlaku hanya bagi mereka yang berdomisili di Bandung dan daerah sekitarnya.

Iuran Anggota Perpustakaan

Umum dan Mahasiswa Rp. 30.000,-/ tahun
Peminjaman max. 10 media
Peserta Kursus Tidak dikenakan biaya selama masa kursus.

Lama Peminjaman

Buku: 4 minggu
CD-Rom, CD, DVD dan Majalah: 2 minggu

Perpanjangan

Selama media tidak dipesan, masa peminjaman dapat diperpanjang melalui kunjungan langsung, telepon atau E-Mail. *

 

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.