Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon yang Dijual di Bandung

Penjual empal gentong di Bandung juga banyak. Jadi sebenarnya tiak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk menikmatinya. Ada beberapa kedai khusus yang menyajikan masakan kas Cirebon ini di Bandung. Kedai Cirebonan di Bandung biasanya menjual berbagai kuliner khas Cirebon, tak hanya empal gentong saja.

Empal kahas Cirebon ini  mirip dengan gulai (gule). Cara memasaknya menggunakan kayu bakar pohon mangga di dalam gentong, periuk tanah liat. Daging yang digunakan  adalah usus, babat dan daging sapi. Makanan  ini seperti dikutip dari Wikipedia, berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Satu di antaranya penjual makanan tersebut ada di stan Cirebonan Nok Ayu di Pasar Cisangkuy. Stan ini menyediakan berbagai macam masakan asli Cirebon dan tentu saja empal gentong. Empal gentong disajikan dengan nasi atau lontong. Khas empal gentong di sini tidak menyertakan jeroan.

empal gentong
Nasi Jamblang Sadakeling jual empal gentong di Jalan Sadakeling, Bandung. Foto serbabandung.com #serbabandung

Empal gentong stan Cirebonan Nok Ayu berisi daging sapi bagian sengkel yang empuk. Kuas empal di sini terbuat dari 21 macam rempah dan bumbu dapur. Disediakan jeruk secara terpisah untuk memberikan opsi kepada penggemar empal yang tidak suka menggunakan jeruk.

Empal gentong juga bisa diperoleh di Rumah Makan Nasi Jamblang di Jalan Sadakeling No 11, dekat Jalan Burangrang. Di sini tak hanya empal yang disajikan, tetapi menu khas Cirebon juga ada seperti nasi jamblang lengkap dengan lauk pauknya. Makanan khas Cirebon lainnya adalah mi koclok.

Di Bandung juga ada Warung Dua Putri, penjual empal khas Cirebon. Tepatnya berada di Jalan Panghegar Nomor B. 4, tak jauh dari simpang empat Jalan Rumah Sakit Ujungberung Bandung. Empal di sini ada beberapa pilihan ada menu spesial, menu super, menu full daging, dan menu daging campur. Harganya berada di kisaran Rp 15.000-22.000.

Empal Gentong di Jalan Malabar

Tenda penjual empal lainnya di Bandung ada di Jalan Malabar. Namanya Empal Gentong Kang Asep. Lokasinya sebelum Rumah Makan Ponyo kalau dari arah Jalan Palasari. Tendanya sejajar dengan penjual kuliner lainnya di sana. Di empal Kang Asep terdapat campuran daging sapi, dan jeroan seperti paru, usus, lidah, kikil, dan babat.

Di sekitar lapangan Saparua, di Jalan Ambon, juga ada penjual empal. Empalnya seperti yang lain isinya daging, babat, dan urat. Selain Empal Gentong di sini disediakan empal asem yang kuahnya kuahnya bening tanpa santan dan rasanya asam. Ada juga tempe mendoan dan minuman dingin dan panas. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.