Bakpao di Bandung Ada yang Rasa Klasik dan Kekinian

Bakpao adalah makanan khas Tiongkok yang sudah menjadi penganan lumrah di Indonesia. Buktinya banyak sekali penjual makanan ini di Bandung. Tak hanya yang klasik, tetapi bermunculan model-model baru yang kaya rasa. Untuk mendapatkannya pun relatif mudah karena banyak penjualnya yang berkeliling dan di tenda kaki lima.

Untuk mendapatkan bakpao yang tidak sembarangan sebaiknya datang ke kawasan pecinan di Bandung. Di daerah Jalan Sudirman terdapat penjual  yang menawarkan citarasa klasik. Kalau pengin ang berciatarasa moderen di Bandung pun banyak penjualnya.

Di Jalan Astanaanyar ada bakpao klasik yang sudah tersohor sejak lama. Namanya Bakpao Min Yen. Tokonya berada persis di persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Astanaanyar. Kalau dari arah Alun-alun berada di sebelah kiri. Toko ini menempati bangunan bergaya lama.

Toko ini menjual makanan ini yang rasanya  manis, asin, dan yang spesial. Yang manis berisi kacang hijau atau kacang merah. Adapun yang asin berisi daging ayam. Sedangkan yang  spesial isi dagingnya lebih banyak daripada yang biasa. Di dalamnya juga terdapat telur dan beberapa isian lain.

bakpao
Ulasan tentang  bakpao yang menghiasi Museum China Town di Jalan Kelenteng, Bandung. | Foto serbabandung.

Di Toko Min Yen juga menjual siomai. Siomai adalah jenis dim sum. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.

Tak jauh dari Jalan Astanaanyar, yakni di Jalan Gardujati ada Bakpao Fafa. Di sini menjual bermacam isian, seperti daging babi, keju, cokelat, kentang, tuna, daging sapi, daging ayam rica, dan lainnya. Kedai ini buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00. Harga berada di kisaran antara Rp 6.000 dan Rp 15.000.

Bakpao Buah-buahan

Kalau yang unik ada di Andy Yang Pastry di Jalan Dalem Kaum 74. Di sini menjual makanan tersebut yang bentuknya buah-buahan dan untuk berulang tahun. Makanan ini ini pada 2010 sempat ngetren di Kota Bandung. Kalau untuk ulang tahun bentuknya menyusun, ada untuk anak, susun 50 cm,  susun 1 meter, berbentuk ‘kerang’ dan lain-lain.

Bakpao unik lainnya adalah Bakpao Rose Bandung. Uniknya yang dijual di sini adalah berbentuk mawar dengan ukuran mini berdiameter 7-8 cm. Rasa yang dijual ada ayam, cokelat, talas, tausa, kacang hijau, dan kacang tanah. Adapun yang spesial ada rasa ayam telur asin dan keju smoked beef. Kedainya berada di Jalan Karang Mulya 14.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.