Kuliner Cibadak pada Malam Hari yang Menggugah Selera

Di Jalan Cibadak, segala jenis makanan kini mudah diperoleh. Kuliner Cibadak menawarkan masakan Cina, Sunda, dan menu internasional lainnya. Ada yang halal ada juga yang nonhalal. Kehadiran Sudirman Street pun menambah ceria jalan ini, sejak sore hingga malam hari. Jalan Cibadak sekarang menambah pilihan bagi pemburu kuliner di Bandung.

Soto Ojolali adalah kuliner Cibadak yang sudah lama berada di jalan tersebut. Kedai yang menempati bangunan Jalan Cibadak No. 79 ini sudah ada sejak 1939. Soto yang dijual di sana adalah soto khas Bandung yang kuahnya bening dengan potongan daging sapi, yang di dalamnya ada irisan lobak, taburan kacang kedelai, dan daun kemangi.

Menikmati soto ojolali sebaiknya ketika masih hangat dengan nasi putih dan kerupuk. Agar lebih nikmat bisa ditambahkan jeroan, seperti babat, usus, atau paru. Makanan tersebut bisa yang basah atau goreng.

kuliner cibadak
Sudirman Street. | Foto serbabandung.com

Kuliner Cibadak yang menawarkan menu masakan Cina dan Jepang adalah Restoran Kobe. Lokasinya berada tak jauh dari Sudirman Street. Chinese Food & Kobe Tepanyaki Japanese Food ini buka pada malam hari mulai pukul 18.00 hingga tengah malam. Dari daftar menu yang mereka sodorkan tak ada satu pun makanan yang berbahan dari yang nonhalal.

Harga menu-menu di sini relatif murah. Oleh karena itu restoran Kobe menjadi tujuan anak muda yang doyan masakan Cina atau Jepang. Banyak menu yang ditawarkan yang bisa dipilih pengunjung seperti bef teriyaki/teppanyaki, capcay, kangkung cha, nasi gila, mi seafood, nasi ayam campur, sushi, jus asli, dan Steamboat.

Banyaknya pengunjung dan keterbatasan tempat membuat pengunjung harus antre. Pengunjung harus sabar untuk mendapatkan meja dan menyantap menu khas Kedai Kobe Cibadak. Restoran ini mulai penuh biasanya menjelang isa. Jadi sebaiknya datang ke sini setelah azan magrib.

Kuliner Cibadak di Sudirman Street

Kuliner Cibadak pun bisa diperoleh di Sudirman Street. Sudirman Street merupakan area pedagang berbagai jenis kuliner. Tempatnya di sebuah jalan yang menghubungkan Jalan Cibadak dan Sudirman. Bisa masuk dari Jalan Sudirman yang patokannya Martabak Capitol. Adapun dari Jalan Cibadak patokannya Jalan Pajagalan atau Restoran Kobe.

Sudirman Street berkonsep food court atau pusat jajanan serba ada (pujasera). Semua jenis makanan berasal Indonesia, Jepang, Cina, Korea, Malaysia dan Eropa tersedia seperti bola ubi, pisang keju, roti bakar, martabak, takoyaki, soto kaki, bubur, nasi campur, nasi lemak, dan jenis makanan lainnya.

Bagi yang muslim sebaiknya berhati-hati karena makanannya banyak yang berbahan babi. Pengelola pusat kuliner sudah mewanti-wanti bahwa tempat ini menjual makanan halal dan nonhalal di display yang terpasang di atas pintu masuk kawasan kuliner tersebut. Begitu juga para pedagang tak segan mencantumkan bahan nonhalal tersebut di display depan kedai mereka.

Tenda-tenda kaki lima, terutama setelah Jalan Pajagalan hingga ke persimpangan Cibadak-Astananyar berjajar menjajakan berbagai kuliner. Di sini banyak penjual yang menjajakan masakan nonhalal seperti nasi campur ala Tiongkok yang mengandung babi, bakar babi, sate babi dan lain-lain. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.