Wisata Alam di Cimenyan yang Menawarkan Pesona

ADA tempat wisata alam di Cimenyan. Meski berada di wilayah Kabupaten Bandung, untuk ke tempat tersebut tidak jauh dari wilayah Kota Bandung.

Tempat wisata tersebut adalah Tebing Keraton yang terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan.  Puncak Bintang berada di Desa/Kecamatan Cimenyan. Kemudian Batu Templek di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan.

Air terjun Batu Templek. |Foto Ars Video youtube.com #serbabandung
Air terjun Batu Templek. |Foto Ars Video youtube.com #serbabandung

Tebing keraton sudah populer berkat media sosial. Foto-fotonya banyak tersebar di facebook, twitter, instagram atau pun path.  Setiap orang yang berfoto di sana pasti mengunggahnya ke media sosial.

Tebing Keraton  masih berada di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. H. Djuanda. Di sini wisatawan bisa menikmati suasana Kota Bandung dan Lembang serta deretan hutan. Wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 11 ribu untuk menikmati pemandangan tersebut.

Wisatawan juga  bisa ke Puncak Bintang yang  berada di Desa/Kecamatan Cimenyan. Seperti di Tebing Keraton di sini juga bisa melihat Bandung dari ketinggian. Untuk menikmatinya wisatawan harus bayar Rp 10.000.

Untuk mencapai lokasi, jalur yang dilalui yakni dengan melewati Jalan Padasuka yang berdekatan dengan Terminal Cicaheum. Dari Jalan Padasuka wisatawan tinggal mengikuti jalan menuju Caringin Tilu (Cartil).

Di Puncak Bintang wisatawan bida berkemping  di camping ground yang telah disediakan pengelola. Dari Puncak Bintang pengunjung bisa melihat cekungan Bandung. Di sini juga bisa belajar banyak tentang danau purba Bandung karena ada papan yang bertuliskan soal patahan Lembang dan danau purba.

Satu tempat lagi adalah  Batu Templek di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan. Batu templek adalah  hasil galian batu  masyarakat setempat. Setelah digali lama, munculah air dari atas tebing.

Untuk mencapai Batu Templek  masuk ke Jalan Pasirimpun setelah Lapas Sukamiskin. Setelah berada di Jalan Pasirimpun, tinggal ikuti jalan hingga masuk ke wilayah Desa Cikadut. Dari kawasan Desa Cikadut  bisa terus melaju. Dari Kantor Desa Cikadut menuju Batu Templek sekitar 15 menit.

Batu Templek masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sehingga fasilitas pun belum memadai. Tidak dipungut biaya untuk menikmati wisata alam ini. Hanya saja siapkan uang untuk parkir kendaraan sekitar Rp 3.000-5.000. *

Wisata Alam di Cimenyan Bandung

Tebing Keraton
Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan

Puncak Bintang
Desa/Kecamatan Cimenyan

Batu Templek
Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.