Sentra tahu Cibuntu terletak di Jalan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung. Tak jauh dari pintul Tol Pasirkoja, dan Jalan Holis. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai perajin atau produsen tahu. Warga menyebut kawasan tersebut blok tahu Di atas adalah video pabrik tahu yang melukiskan kesibukan karayawan saat membuat tahu.

Dalam video pabrik tahu tersebut merupakan satu di antara pari tahu di sekitar 50 rumah di kampung tersebut memproduksi tahu putih dan kuning. Mereka memproduksi tahu sejak 1970-an. Namun, di mobile.kontan.co.id disebutkan warga Kampung Cibuntu mengenal produksi tahu dari seorang imigran Tionghoa  pada 1937.

Imigran Tionghoa itu mendirikan pabrik tahu rumahan di Kampung Cibuntu. Orang Cibuntu menyebut imigran Tionghoa tersebut Babah Mpe. Ketika Babah Mpe kembali ke negaranya karyawan dan warga meneruskan industri tahu tersebut.

Dalam laman sentraindustribandung.com disebutkan terdapat kurang lebih 408 produsen tahu di Cibuntu. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 2.161 juta potong. Nilai investasinya mencapai Rp. 13,472 miliar. Bisa menyerap tenaga pekerja sebanyak 1.518 orang.

Untuk mendapatkan tahu Cibuntu tidak harus ke sana karena di pasar-pasar banyak pedagang yang menjajakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini. Tahu ini juga didagangkan secara langsung ke rumah-rumah warga oleh pedagang sayur, atau ada juga yang menggunakan sepeda.

video pabrik tahu cibuntu
Pabrik Tahu di Cibuntu Bandung. |Foto serbabandung.com #serbabandung

Tahu Cibuntu tetap menjadi pilihan meski sudah banyak produk tahu yang bermunculan. Keunggulan tahu Cibuntu  tidak berbau, dan gurih alami. Rasa dan kualitasnya bisa bertahan hingga sekarang membuat tahu ini tetap menjadi pilihan.

Dalam veido pabeik tahu di atas diperlihatkan cara manual pembuatan tahu melalui pengawasan ketat. Air yang digunakan berasal dari air sumur/artesis yang berkualitas baik. Tahu ini menggunakan pengawet alami kunyit. *

Fakta di Video Pabrik Tahu Cibuntu

  • Terletak di  Jalan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung
  •  Mereka memproduksi tahu sejak 1970-an
  • Di mobile.kontan.co.id disebutkan warga Kampung Cibuntu mengenal produksi tahu dari seorang imigran Tionghoa  pada 1937
  • Tahu Cibuntu cara membuatnya manual melalui pengawasan ketat
  • Air yang digunakan berasal dari air sumur/artesis yang berkualitas baik
  • Tahu ini menggunakan pengawet alami kunyit

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.