Ulat Sutra, Pembiakannya Bisa Dilihat di Padepokan Dayang Sumbi

INGIN tahu proses pembuatan kain sutra? Silakan datang ke Padepokan Dayang Sumbi di Jalan Arcamanik Sindanglaya Km. 4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur. Berada di kawasan pegunungan tak terlalu jauh dari kota dengan udara yang segar pengunjung bisa melihat proses pengembangbiakan ulat sutra hingga penenunan kain.

Tempat itu sangat diperlukan untuk memelihara ulat sutra yang baik minimal berada 700 meter di atas permukaan laut. Suasana tempat pemeliharaan ulat sutra harus cukup tenang, dan layak untuk menanam murbei sebagai bahan makanan ulat ini.

Padepokan ini adalah pelopor wisata ilmu sutra yang pertama di Indonesia. Tempat ini menawarkan wisata ilmu untuk memberi pemahaman kepada pengunjung tentang sutra. Di sana terutama anak-anak dan generasi muda mendapatkan pengalaman yang unik.

Mereka tidak hanya mendapatkan teori tentang ulat sutra, tetapi dapat bersentuhan dan berinteraksi langsung. Pengunjung bisa melihat budidaya ulat sutra mulai dari penetasan, membuat benang sutra sampai dengan menenun kain sutra dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

ulat sutra
Kepompong dan Pupa Sutra. | Foto http://www.wisatasutera.com/galeri.html

Kain sutra yang halus dan lembut dihasilkan dari mulut ulat sutra selama dua hari satu malam. Serat sutra ini kemudian akan membungkus badan ulat menjadi kokon atau kepompong. Kokon atau kepompong ini sangat berjasa bagi perajin sutra, karena dari kokon inilah benang sutra dipintal lalu ditenun menjadi kain.

Ulat Sutra Bernama Latin Bombyx Mori

Ulat tersebut memiliki nama latin Bombyx Mori. Nama tersebut sesuai dengan bentuk badannya yang lembut, gemuk, dan tidak mengigit. Ulat sutra yang dikembangbiakan di Padepokan Dayang Sumbi berasal dari ras Jepang.

Untuk berkunjung ke Padepokan Dayang Sumbi memiliki aturan. Bagi setiap pengunjung harus melakukan reservasi via telepon ke nomor 081320038686 dengan menyertakan SMS tanggal kunjungan paling lambat H-2. Aturan tersebut berlaku untuk pengunjung di atas 10 orang. Bagi pengunjung di bawah 10 orang pembayaran bisa langsung pada saat kunjungan.

Untuk lebih jelas mengenai aturan kunjungan ke Padepokan Dayang Sumbi silakan baca di laman wisata sutra. *

Buka Setiap Hari
Sesi 1 pukul 09.00-11.00
Sesi 2 pukul 12.00-14.30
Khusus Jumat
Sesi 1 pukul 09.00-11.00
Sesi 2 pukul 12.30-14.30

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.