Categories
Fasilitas Umum

Tukang Cukur Rambut Jadul di Jalan Saad dan Oto Iskandardinataista

BARBER shop Sawargi dan Tukang Cukur Rambut Tepat adalah tempat bercukur lama di Bandung yang masih berpraktek. Keduanya tetap bisa melayani para pelanggannya, kendari bermunculan barber shop baru di kota ini.

Barber shop Sawargi berada di Jalan Saad sudah ada sejak 1949. Tukang cukur rambut ini didirikan oleh H Ero Saefullah. Mereka bisa bertahan karena terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Sekarang, barbershop tersebut dikelola cucunya, Risyad Erawan (43). Dia merupakan anak pertama dari dua bersaudara Ahmad Tossin.

Barber Shop Sawargi tidak pernah berubah. Sejak dulu, Barber Shop Sawargi tetap mempertahankan konsep-konsep lama, yakni sesuai nama sawargi menjalin kekeluargaan.

Desain rumahnya pun masih sama seperti ketika pertama kali dijadikan tempat potong rambut. Bahkan, alat-alat mencukur seperti tempat bedak, gunting, mesin cukur antik, alat semprot, kursi klasik, dan lainnya masih dirawat.

Pelanggan tidak hanya datang dari Kota Bandung, tapi ada juga dari daerah lain, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. Mereka datang dari luar kota, biasanya yang sedang mengisi liburan, seperti weekend di Bandung.

Pemangkas Rambut Tepat berada di Jalan Oto Iskandardinata. Pemangkas rambut ini pun sudah ada sejak 1975. Pendirinya adalah Sutrisno, ayah Dudi yang sekarang mengelolanya. Sutrisno adalah perantau dari Yogyakarta yang menikah dengan orang Karapitan, ibu Dudi.

Tukang Cukur Rambut di Otista

“Sebelum pindah ke sini, kami tinggal di Jalan Karapitan. Sebelum buka pangkas rambut pun, ayah pernah buka perusahaan hasil bumi, kemudian mebel Jepara,” kata Dudi seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Setelah beberapa kali kurang beruntung berusaha, ayah Dudi mendirikan pangkas rambut berkat saran saudara ibunya yang orang Garut. Akhirnya pada 1975, Pemangkas Rambut Tepat.

Menurut Dudi, di Bandung sejak dulu, sudah banyak pemangkas rambut. Bahkan, katanya pada zaman Belanda, ada pemangkas rambut khusus tentara.

Dudi menyebut beberapa pemangkas rambut lama lainnya di Bandung, seperti di Jalan Asia Afrika yang bernama Dinamis. Depan Gedung Merdeka, juga katanya ada pemangkas rambut. Di jalan Merdeka dekat Unpar dan di Dalem Kaum juga ada.

“Saya masih ingat di Lengkong ada pemangkas rambut namanya Peragawati. Sekarang sudah tidak ada. Termasuk di Hotel Savoy Homann ada pemangkas cukur, tetapi sekarang sudah tidak ada. Pindah ke Jalan Naripan, tapi kemudian tutup,” kata Dudi.

Menurut Dudi yang bertahan hingga sekarang adalah Barber Shop Sawargi di Jalan Saad dan Pemangkas Rambut Tepat, miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *