Selasar Sunaryo Art Space, Tempat Penggiat Seni di Bukit Pakar Dago

Sebuah ruang seni bernama Selasar Sunaryo Art Space  berdiri di lereng Bukit Dago. Tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur No. 100. Sebuah art space yang menawarkan kepada para penggiat seni dan budaya, serta masyarakat untuk berkunjung.

Selasar Sunaryo menyediakan tempat untuk acara pribadi atau khusus. Ada beberapa tempat yang ditawarkan, yakni amphitheater, bale handap, bamboo house, dan kopi selasar. Tempat tersebut bisa disewa dengan pengaturan yang unik untuk setiap acara, pameran seni kontemporer dari Kawasan Asia Pasifik, dan arsitektur kelas dunia.

Fasilitas lain di Selasar Sunaryo adalah Pustaka Selasar. Tempat ini merupakan fasilitas publik layaknya perpustakaan. Perpustakaan ini bisa menjadi pusat data, penelitian dan dokumentasi untuk seni rupa di Indonesia, terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum. Layanan ini dibuka pada September 2008.

Selasar Sunaryo Art Space
Amphiteather Selasar Sunaryo di Bukit Pakar Dago. | Foto http://www.selasarsunaryo.com/

Koleksinya mencapai 1.500 item dari berbagai kategori, seperti seni rupa, fotografi, film, dan lain-lain. Pustaka Selasar menyediakan sumber daya penting bagi masyarakat dengan menawarkan akses ke sumber daya untuk seniman dan siswa.

Perpustakaan membuka sumbangan buku dan bahan dari siapa pun. Pustaka Selasar pernah menerima sumbangan publikasi tentang fotografi dan sastra dari Yudhi Soeryoatmodjo dan buku tentang teater dan drama dari akhir Suyatna Anirun.

Untuk tempat bersantai, Selasar Sunaryo menyediakan Kopi Selasar. Kafe ini mempersembakan tempat menikmati kopi dengan llingkungan yang artistik. Kopi Selasar buka pada Senin-Kamis pukul 11:00 – 18:00. Adapun Jumat-Minggu pukul 11:00 – 22:00.

Cenderamata Selasar Sunaryo Art Space

Bagi yang membutuhkan cenderamata bisa mendatangi Cenderamata Selasar. Di toko galeri ini terdapat berbagai reproduksi seni eksklusif, kartu, poster pameran dan kerajinan. Tersedia juga buku spesialis termasuk buku-buku tentang seni rupa, seni rupa Indonesia, desain, arsitektur, sastra kontemporer dan budaya, fotografi dan katalog pameran. Cenderamata Selasar buka Selasa – Kamis pukul 10:00 – 18:00 dan Jumat – Minggu pukul 10:00 – 18:00.

Selasar Sunaryo Art Space dibangun pada 1993-1997 oleh Sunaryo dan BaskoroTedjo. Art Space ini dibuka untuk umum sejak September 1998. Selasar sendiri berarti beranda yang mencerminkan konsep desain, ruang terbuka yang menyambut semua orang.

Selasar Sunaryo Art Space terbuka untuk umum. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi setiap acara pameran atau pun program lainnya. Waktu kunjungan adalah Selasa-Minggu 10:00 – 11:00. Kunjungan terakhir 30 menit sebelum penutupan

Untuk kunjungan tur sekolah atau kelompok bisa kirim pesan atau hubungi telepon (+62) 22 250 7939 atau (+62) 22 251 6508, minimal 7 hari di sebelum tanggal tur yang diinginkan. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.