Rumah Sinyal KA Bekas Stasiun Andir di Bandung

STASIUN Andir kini hanya tinggal bangunan. Sebelum tahun 2000-an, stasiun ini masih menjadi tempat naik-turun penumpang. Namun bangunan itu sampai sekarang tetap berfungsi. Bukan sebagai stasiun, tetapi hanya berfungsi sebagai rumah sinyal.

Persinyalan dilakukan untuk kereta yang melintas dari dan/atau ke arah Stasiun Bandung, Stasiun Ciroyom, dan Stasiun Cimindi.

Stasiun ini memiliki jalur tiga arah yaitu ke utara untuk langsung ke stasiun Bandung, arah selatan untuk masuk sepur belok ke stasiun Ciroyom, dan arah barat untuk arah Jakarta/Cianjur.

Rumah sinyal kereta api bekas Stasiun Andir, Jalan Ciroyom, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Rumah sinyal kereta api bekas Stasiun Andir, Jalan Ciroyom, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di sini juga petugas dari PT KAI siaga untuk menutup pintu lintasan kereta api. Maklum jalan ini merupakan jalan yang arus lalu lintasnya termasuk padat. Perlintasan kereta ini sangat dekat dengan pusat bisnis, seperti Pasar Ciroyom, Jalan Arjuna, Jatayu, dan lain-lain.

Stasiun yang tadinya merupakan stasiun kelas 3 ini berada di Jalan Ciroyom No.1, Kelurahan Andir, Kecamatan Pajajaran. Sampai saat ini masih di bawah pengawasan PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung. Stasiun ini berada di ketinggian +730 m.

Stasiun ini pernah menjadi tempat pemberhentian KA Lokal maupun KRD Ekonomi. Namun hal itu tidak berlanjut. Pada 2008 kereta api kembali bisa berhenti di sini. Tapi kemudian tidak diperbolehkan lagi karena dianggap telah membuat macet arus lalu lintas di kawasan tersebut. Tak hanya itu jadwal kereta api pun menjadi tersendat.

Rumah sinyal di Andir ini berada di antara Stasiun Cimindi dan Stasiun Ciroyom. Stasiun Ciroyom (CIR) berada pada ketinggian 709 m, te terletak di perbatasan Kelurahan Ciroyom, Andir dengan Arjuna, Cicendo, Kota Bandung. Berada di Daerah Operasi II Bandung.

Stasiun Ciroyom berada di sisi timur Pasar Ciroyom, hanya 500 meter dari barat Stasiun Bandung. Dulunya stasiun ini adalah halte. Stasiun Ciroyom memiliki 5 rel dengan jalur lurus yang terpisah dengan jalur beloknya .

Stasiun Ciroyom masih menggunakan sistem persinyalan manual dan sistem pembelian tiket yang unik. Tiket yang boleh dibeli hanyalah tiket kereta yang akan berangkat. *

Kini Jadi Rumah Sinyal

  • Berada di antara Stasiun Cimindi dan Stasiun Ciroyom
  • Merupakan stasiun kelas 3
  • Berada di Jalan Ciroyom No.1, Kelurahan Andir, Kecamatan Pajajaran.
  • Sampai saat ini masih di bawah pengawasan PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung.
  • Stasiun ini berada di ketinggian +730 m.

Sumber: http://heritage.kereta-api.co.id/?p=5343 dan http://revent007.blogspot.co.id/2011/01/5-stasiun-tertinggi-di-indonesia-yang.html?m=1

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.