Roti Bakar Gang Kote yang Lezat dan Melegenda di Bandung

ROTI bakar khas dan melegenda di Bandung satu di antaranya Roti Bakar 234 di Gang Kote, Jalan Sudirman. Jualannya menggunakan roda di mulut gang kecil bernama Gang Kote. Oleh karena itu roti bakar tersebut bernama Roti Bakar 234 di Gang Kote. Namun orang-orang hanya menyebut Roti Bakar Gang Koke. Lokasi tepatnya berada di sebelah kanan Jalan Sudirman dari arah Alun-alun Bandung.

Kesederhanaan Roti Bakar Gang Kote bukan berarti tak dilirik penggemar roti. Di gang ini, setiap malam, terlihat antrean untuk membeli roti ini. Seperti terlihat pada Jumat (30/11/2018) malam, terlihat beberapa orang bergerombol di depan roda roti. Mereka sabar menunggu giliran untuk mendapatkan roti. Yang datang ada yang bermobil, bermotor, dan jalan kaki.

Roti Bakar Gang Kote memiliki roti yang khas. Penjual menggunakan roti yang merupakan buatan sendiri. Ketebalannya pun berbeda dengan roti yang biasa dijual. Roti Gang Kote terlihat tebal. Bagian luar rotinya tidak terlalu cokelat. Tak hanya roti, selainya pun merupakan buatan sendiri sehingga memiliki rasa yang khas.

Penjual Roti Bakar Gang Kote punya cara tersendiri agar roti terasa lezat. Roti dibakar di pembakaran bukan menggunakan api dari elpiji melainkan menggunakan perapian yang bersumber dari arang. Bara api dari arang yang panas membakar roti hingga merata.

Roti Bakar Gang Kote memiliki beberapa variasi yang bisa menjadi pilihan. Ada rasa stroberi, kacang, cokelat, keju, susu, blueberry, dan kornet. Semua rasa tersebut bisa dipadukan dalam satu roti. Roti bakar ini bisa dipotong menjadi 10 bagian roti yang tebal.

Roti Bakar Gang Kote sudah pada 1970-an. Dahulu roti ini bernama Roti Bakar 555. Sejak tahun 1989 namanya berubah menjadi Roti 234. Perubahan nama itu karena roti yang digunakan bukan produk Roti 555 lagi melainkan roti karya sendiri yang bermerek Roti 234.

roti bakar gang kote
RODA Roti Bakar Gang Kote di Jalan Sudirman, Bandung.| Foto serbabandung.com

Roti Bakar Gang Kote Buka Cabang di Suryani

Roti Bakar Gang Kote membuka cabang di Jalan Suryani Dalam Nomor 19 (belakang Perdatam), dekat pintu keluar Tol Pasir Koja. Soal rasa tentu sama dengan asalnya di Gang Kote.

Penjual Roti bakar ini mematok  harga bervariasi antara Rp 28.000 dan Rp 47.000. Untuk memastikan pembeli bisa melihat menu roti yang terpasang di sisi gerobak. Roti bakar ini buka setiap hari pukul 15.00 WIB – 23.00 WIB.

Di Bandung, selain Roti 234 ada roti merek lain seperti Roti bumbu Cari Rasa di Jalan Ahmad Yani. Lokasinya di kawasan Pasar Kosambi. Tak jauh dari jembatan penyebrangan Jalan Cipaera dan penjual pedagang oleh-oleh Bandung. Konon roti inilah yang mulai memopulerkan roti bumbu di Kota Bandung.

Di sisni tersedia roti bumbu biasa dan bakar. Roti Cari Rasa terdiri dari roti kadet, roti kecil, dan roti besar, serta roti bumbu yang dibakar dan yang tidak dibakar harganya berbeda. Cari Rasa menjual rotinya tak hanya  di Kosambi, tapi juga banyak penjual keliling menjajakannya.

Roti bakar lezat lainnya ada di Jalan Gempol. Lokasinya berada di Jalan Gempol Wetan yang menyatu dengan permukiman penduduk. Roti Gempol terbuat dari gandum. Rasanya ada yang manis dan asin. Bisa juga perpaduan keduanya. Roti bakar gandum asin di sini di dalamnya terdapat keju, daging asap dan telur. Selain itu ada juga roti bakar yang rasanya manis, seperti roti bakar berisi selai stroberi, blueberry, dan meses cokelat.

Roti bakar enak pun ada di Jalan Ahmad Yani 929. Namanya Roti Bakar Cicaheum Kedai roti ini berada di seberang Terminal Cicaheum. Tidak jauh dari jembatan penyebrang orang di kawasan tersebut. Di sini tersedia roti spesial, roti kecil, roti buaya, dan roti kadet. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.