Persib vs Persik, Kapten PERSIB, Achmad Jufriyanto Bersyukur

persib vs persik
Pemain Persib, Achmad Jufriyanto dan Nick Kuipers. | Foto PERSIB.co.id/Barly Isham

Kapten PERSIB, Achmad Jufriyanto mensyukuri hasil Persib vs Persik yang berkahir untuk kemenangan Persib Bandung.

Persib vs Persik merupakan laga terakhir putaran pertama Liga 1 2021/2022.

Pertandingan berlangsung di Stadion Sultan Agung.

Di laga Persib vs Persik itu, Maung Bandung menang 1-0.

Pencetak gol pada laga itu adalah Frets Listanto Butuan pada menit ke-17.

“Alhamdulillah kami semua pemain bersyukur dengan hasil yang didapat hari ini,” Kapten PERSIB, Achmad Jufriyanto seperti dikutip Persib.co.id, Minggu (12/12/2021).

“Kami memang memiliki misi untuk menutup seri tiga ini dengan raihan tiga poin,” kata Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto setelah pertandingan.

Jupe mengatakan, semua pemain PERSIB telah bermain dengan mengerahkan semua kemampuannya untuk bisa mempersembahkan kemenangan di pertandingan ini.

Namun, ia mengakui jika penampilan tim masih belum memenuhi harapan.

“Saya rasa para pemain hari ini mengeluarkan kemampuan maksimal saat bertahan. Jujur, setelah mencetak gol kami lebih banyak ditekan.

“Tapi, apapun itu, kami senang dengan hasil ini,” ungkap Jupe.

Dengan kemenangan tersebut, PERSIB naik satu peringkat ke posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 34 poin.

Skuad Pangeran Biru tertinggal tiga poin dari Bhayangkara FC di posisi pertama dan unggul satu poin atas Arema FC di peringkat ketiga.

Jalannya Pertandingan Persib vs Persik

PERSIB meraih kemenangan 1-0 atas Persik Kediri pada laga penutup putaran pertama Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu, 12 Desember 2021.

Pangeran Biru memastikan kemenangannya berkat gol Frets Butuan pada menit 17.

Di pertandingan ini, PERSIB melakukan tiga pergantian. Teja Paku Alam kembali turun sebagai starter menggantikan M. Natshir, Ardi Idrus menggantikan Zalnando dan Erwin Ramdani turun sejak menit awal menggantikan Beckham Nugraha.

Serangan PERSIB dimotori Marc Klok yang mencatatkan penampilan ke-15 untuk Pangeran Biru musim ini. Pemain asal Belanda itu juga mencatatkan penampilan yang ke-100 selama berkarier di kompetisi Liga 1.

PERSIB langsung mengirimkan serangan ke jantung pertahanan Persik. Pada lengan para pemain PERSIB melingkar pita hitam sebagai wujud duka cita terhadap wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Jumat, 10 Desember 2021 lalu.

PERSIB mendapat peluang pertamanya di menit dua. Febri Hariyadi melepaskan sepakan kaki kiri tepat sasaran tapi masih belum menjadi gol. Kebuntuan pecah di menit 17 melalui Frets Butuan yang menyambar bola liar dengan sebuah sepakan kaki kiri.

PERSIB terus menekan melalui aksi-aksi dari Wander Luiz. Sedangkan Persik sempat mengancam melalui striker Youssef Ezzejjari, tapi gawang PERSIB masih aman dari kebobolan. Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru.

Babak Kedua

Di babak kedua, Persik tampil lebih menyerang. Tapi antisipasi yang sangat baik mampu diperagakan kiper PERSIB, Teja Paku Alam. Sayangnya, di menit 48 Marc Klok mendapat gangguan di kakinya dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Klok pun digantikan oleh Abdul Aziz.

Kartu kuning pertama di laga ini baru keluar dari saku wasit di menit 59. Sayangnya, kartu kuning itu diterima oleh bek kiri PERSIB, Ardi Idrus. Tak lama, cedera juga dialami oleh Erwin Ramdani. Erwin bahkan harus ditandu ke luar lapangan dan digantikan oleh Esteban Vizcarra.

Di menit 77, PERSIB berusaha melancarkan serangan melalui Febri Hariyadi tapi dijatuhkan oleh Risna Prahalabenta dan berbuah kartu kuning untuk pemain Persik itu. Beruntung, Febri tak mendapat cedera serius akibat tekel itu dan bisa melanjutkan pertandingan.

PERSIB menciptakan peluang di menit 80. Esteban mengirimkan umpan silang ke mulut gawang dan bola mampu disambar Luiz, tapi tandukannya bisa diblok pemaiin bertahan Persik. Lima menit berselang, pelanggaran dilakukan Wander Luiz dan menghasilkan kartu kuning untuknya.

Di menit 89, Persik kehilangan satu pemainnya karena kartu kuning kedua yang didapat Septian Bagaskara. Kartu kuning pertama Septian didapatnya di menit 82. Meski harus bermain dengan sepuluh pemain, Persik masih tampil mengancam.

Di menit-menit akhir pertandingan, Dedi Kusnandar juga mengalammi cedera dan kemudian digantikan oleh Mario Jardel. Pergantian lainnya dilakukan oleh Pangeran Biru dengan menarik Febri untuk digantikan oleh Supardi. Wasit akhirnya meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir dengan skor 1-0.

Daftar Susunan Pemain PERSIB

Teja Paku Alam (PG), Achmad Jufriyanto (C), Nick Kuipers, Ardi Idurs, Henhen Herdiana, Marc Klok (48′). Dedi Kusnandar (90+2′), Erwin Ramdani (61′), Febri Hariyadi (90+2′), Wander Luiz , Frets Butuan.

Cadangan: Aqil Savik, Indra Mustafa, Supardi Nasir (90+2′), Mario Jardel (90+2′), Bayu Fiqri, Zalnando, Syafril Lestaluhu, Abdul Aziz (48′), Esteban Vizcarra(61′), Geoffrey Castillion. (persib.co.id)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *