Categories
Wisata

Permainan Tradisional Bisa Dinikmati di Pakarangan Ulin Komunitas Hong

INGIN bernostalgia atau membawa anak-anak bermain permainan tradisional? Datang saja ke Jalan Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Di sana terdapat pakarangan (pekarangan) ulin. Pekarangan itu milik Komunitas Hong. Komunitas Hong yang terbentuk pada 2005 ikut memilihara permainan-permainan tradisonal agar tidak punah.

Di pakarangan itulah para pengunjung bisa menikmati berbagai permainan tradisional. Ada ratusan jenis permainan tradisional yang tersedia di sana dan berasal dari seluruh Jawa Barat.

Dari ratusan permainan itu, di antaranya ada egrang, congklak, perepet jengkol, ngadu kaleci (kelereng), boy-boyan, dan lainnya.

Permainan tradisional ini bisa dimainkan oleh semua umur mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Hal tersebut memungkin anak-anak dan orang tua bisa bermain bersama.

Untuk menikmati permainan tersebut pengunjung harus registrasi Rp 50.000 per orang. Pengunjung harus datang berombongan, minimal 60, dan wajib reservasi terlebih di website dan instagram.

Untuk Menikmati Permainan Tradisional Harus Reservasi Dulu

Dengan membayar Rp 50.000, pengunjung sudah mendapatkan paket lengkap. Mulai dari workshop permainan, bermain bersama, mini olimpiade permainan, terus dapat mainan satu, dan semua hasil workshop bisa dibawa pulang.

Untuk bermain di sana, pengunjung harus reservasi terlebih dahulu ke kontak Komunitas hong yang tertera di website dan instagram (@komunitashong). Penunjung harus datang berombongan, minimal 60 orang.

Untuk sementara Komunitas Hong menutup pakarangan ulin selama pandemi virus korona dan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Komunitas Hong tengah merumuskan kira-kira permainan apa yang tidak melanggar standar protokol adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Komunitas Hong tengah memilih permainan yang bisa dilakukan oleh pemainnya saling berjauhan dan tidak bersentuhan.

Media Sosial
IG: @komunitashong
FB: KOMUNITAS HONG
Youtube: Zaini Alif

Syarat Berkunjung ke Komunitas Hong
(Untuk sekarang Komunitas Hong belum tidak buka)

  • Wajib reservasi terlebih dahulu ke kontak Komunitas hong yang tertera di website dan instagram (@komunitashong).
  • Pengunjung harus datang berombongan minimal 60 peserta.
  • Membayar biaya registrasi Rp 50.000 per orang
  • Permainan tradisional bisa dimainkan oleh semua umur mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *