Penjual Cuanki Enak di Jalan Serayu, Gajah, dan Sukajadi

BANYAK penjual cuanki yang menawarkan keragman makanan yang diaptasi dari Tiongkok ini. Awalnya penjualnya menjajakannya secara berkeliling memikul barang dagangannya. Mereka berjalan kaki menjualnya ke kompleks-kompleks. Cuanki pun sebetulnya akronim dari Cari Uang Jalan Kaki. Akronim itu muncul karena penjual cuanki senang berjalan kaki saat menjajakan dagangannya.

Lalu kemudian berbagai macam penjual cuanki muncul, itu belakangan setelah cuanki yang dijajakan di jalanan populer duluan. Kedai-kedai yang khusus menjual cianki di Bandung di antaranya Cuanki Serayu dan Cuanki Dara Kembar.

Kedai Bakso Cuanki Serayu sudah ada sejak 1997. Kedai ini berada di Jalan Serayu yang tak jauh dari Jalan LLRE Martadinata (Jalan Riau). Di halaman Leisure Tribun Jabar edisi Jumat 14 Oktober 14 Oktober berjudul “Sabar Menanti Cuanki” disebutkan, kedai ini digagas oleh pria asal Kebumen, Kasno.

Sebelum menetap di sana, pemiliknya mengawali usahanya berjualan menggunakan gerobak keliling. Bakso Cuanki Serayu terus berkembang dan membuka kedai lainnya di Jalan Mangga dan Cihapit yang masih dekat dengan Jalan Serayu.

bakso cuanki penjual cuanki
Ilustrasi Bakso Cuanki. | Foto serbabandung.com

Di kedai ini selain melayani langsung disantap di sana, juga terdapat gerobak khusus untuk melayani pesanan untuk dibawa pulang atau untuk oleh-oleh dari Bandung. Cuanki Serayu menyediakan 2 menu utama, yakni cuanki dan batagor. Untuk minumannya di sini tersedia air mineral, teh kemasan botol, dan aneka jus buah.

Penjual Cuanki di Jalan Gajah

Kadai cuanki lainnya adalah Cuanki Dara Kembar. Dalam penyajiannya Cuanki memiliki kekhasan, yakni saat penyajiannya menggunakan hot plate, bukan mangkuk putih yang biasanya bergambar ayam jago. Kedai Dara Kembar berada di Jalan Gajah.

Menu spesial Cuanki Dara Kembar adalah Cuanki Reuwazz. Cuanki ini mirip tusukan sate, sementara kuahnya disajikan secara terpisah. Tiap porsi cuanki ini berisi 5 buah siomay plus saus sambal kecap yang sangat pedas. Belum lagi cabai rawit yang ditanam dalam siomay. Sajian ini bisa membuat rewas (kaget) yang menyantapnya saking pedasnya.

Cuanki CLBK pun patut dicoba. CLBK adalah singkatan dari cuanki lezat ketagihan sekali. Kedai cuanki di Jalan Senang Dalam, Pasteur, Sukajadi, ini menawarkan cuanki berbumbu pedas. Cuanki CLBK buka Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.