Pembuatan Paspor di Gedung Bina Cipta Jalan Soekarno Hatta Bandung

Pembuatan paspor di Gedung Bina Citra tak jauh berbeda dengan membuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jalan Surapati No. 82. Para calon pembuatan paspor harus rela antre untuk mendapatkan nomor antrean. Jadi sebaiknya berangkat pagi-pagi dari rumah agar kebagian nomor antrean karena formulir yang disediakan terbatas.

Tempat pembuatan paspor di Gedung Bina Cipta berada di lantai tiga. Sebelum kantor pengurusan paspor dibuka antrean bisa sampai ke lantai dua. Para pengurus paspor harus rela duduk di lantai atau tangga yang menuju ke lantai tiga sebelum kantor imigrasi dibuka. Sebagian lagi berdiri menunggu sabar sampai akhirnya kantor dibuka.

Gedung Bina Cipta berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 162. Dari arah Jalan Moh Toha kantor ini berada persis di samping Bandung Convention Center atau sebelum patung sepatu di Jalan Cibaduyut atau Terminal Leuwipanjang.

Para pembuat paspor ini dilayani petugas untuk mendapatkan antrean pada pukul 06.30. Setelah mengantre mereka bisa duduk di kursi yang telah disediakan menunggu giliran mendapat formulir. Untuk pengambilan formulir dibuka pada pukul 08.00.

pembuatan paspor
Pembuatan paspor di Gedung Bina Cipta di Jalan Soekarno-Hatta No. 162, Selasa (8/8/2017). | Foto serbabandung.com

Silakan menunggu petugas memanggil nomor antrean. Bila ternyata lupa memfotocopy dokumen di ruangan tersebut terdapat tempat fotocopy. Sekali lagi semua dokumen yang diperlukan jangan sampai terlewat atau perhatiakan apakah ada ketidakcocokan antara satu dokumen dengan dokumen lainnya, seperti nama atau tanggal lahir.

Pukul 07.00 nomor antrean dipanggil. Proses pembuatan paspor pun dimulai. Pemohon paspor mengambil formulir sesuai nomor antrean. Di sini petugas akan mengecek persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Jangan lupa juga siapkan materai Rp 6.000 dua lembar. Saat pengambilan formulir pemohon akan mendapatkan nomor antrean untuk pemotretan, sidik jari, dan wawancara. Sambil menunggu panggilan silakan isi formulir selengkap mungkin. Tempelkan materai di tempat yang telah ditentukan. Tanda tangan formulir dan surat pernyataan setelah diisi data lengkap.

Sekira pukul 08.00 proses pemotretan, sidik jari, dan wawancara dimulai. Satu-satu pemegang nomor saat pengambilan formulir dipanggil. Pemohon paspor yang dipanggil menuju konter yang telah ditetapkan. Proses pemotretan, sidik jari, dan wawancara tidak berlangsung lama. Rata-rata sekira 10 menitan.

Setelah poses pemotretan, sidik jari, dan wawancara, pemohon paspor mendapatkan resi pembayaran. Pembayaran harus dilakukan di bank yang ditunjuk. Di Gedung Bina Cipta di lantai 1 terdapat KCP Bank Mandiri yang bisa melayani pembayaran untuk paspor. Namun, kadang resi tidak bisa diambil saat itu juga kalau jaringan Imigrasi dan Kementerian Keuangan tidak konek. Pemohon paspor harus balik lagi besoknya untuk mengambil resi tersebut.

Paspor bisa diambil tiga hari setelah pembayaran biaya paspor di bank. Pengambilan paspor buka pukul 13.00-15.30. Sebelum mengambil paspor, pemohon harus memiliki nomor antrean yang tersedia di ruangan itu juga. Petugas biasanya mengarahkan pemohon untuk men-scan barcode yang ada dalam resi pengambilan. Saat pengambilan antrean tidak terlalu panjang jadi sabar tunggu sebentar untuk akhirnya mendapatkan paspor dan proses pembuatan paspor berakhir.

Kantor Keimigrasian sebetulnya sudah mengeluarkan aplikasi antrean berbasis Android. Pemohon bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menentukan kapan akan membuat paspor. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pemohon harus mengunduh dulu di playstore, kemudian daftar. Dengan aplikasi ini pemohon tidak harus datang pagi-pagi ke kantor Imigrasi karena telah menentukan sendiri waktu pembuatan paspor.

Informasi selengkapnya bisa diperoleh di bandung.imigrasi.go.id.

UPDATE

Penguman penggunaan aplikasi antre paspor. | Foto serbabandung.com

Dokumen untuk Pembuatan Paspor

  • Foto kopi KTP
  • Akta kelahiran/ijazah/surat nikah difoto kopi
  • Foto kopi kartu keluarga

Biaya Pembuatan Paspor

  • Rp 300.000 untuk pembuatan paspor
  • Jasa TI Biometrik Rp 55.000
  • Total Rp 355.000Bayar di bank yang ditunjuk
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.