Museum Sribaduga Bandung Buka Pada Malam Hari

Museum Sribaduga Bandung tengah berbenah. Museum ini kini menawarkan lima unit alat pamer koleksi multimedia digital kepada pengunjung. Lewat alat ini pengunjung bisa lebih banyak mendapatkan informasi dari benda-benda yang tersedia di museum ini.

Alat tersebut bakal diisi 10 klasifikasi benda koleksi dari 7.000 koleksi yang dimiliki Museum SriBaduga Bandung. Selama ini, dari 7.000 koleksi yang ada di museum baru 20 persennya yang sudah dipamerkan.

museum sri baduga bandung
Museum Sri Baduga Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Pengopersian lima multimedia digital itu sepenuhnya dilakukan oleh pemandu Museum SriBaduga Bandung, yang sudah mendapat pelatihan. Pengunjung sendiri bisa melihat dan menyentuh multimedia digital tersebut, namun tidak bisa mengoperasionalkannya.

Multimedia digital yang didatangkan ini mirip dengan yang digunakan di Museum Nasional Jakarta. Hanya isinya saja yang beda. Kelima multimedia digital ini akan dipasang di ruang pamer dan lobi Museum Sri Baduga Bandung.

Museum Night di Museum SriBaduga Bandung

Penyediaan lima multimedia digital itu, dipersiapkan untuk program layanan baru di Museum Sri Baduga Bandung, yakni Museum Night, yang mulai berjalan tahun 2016. Museum night sebagai terobosan baru untuk antisipasi para pengunjung ke museum yang datang kemalaman, terutama dari luar daerah.

“Kasus ini sering terjadi, sehingga kami harus buka hingga larut malam. Atas dasar itu, kami berencana membuka museum night,” kata Kepala Balai Pengelolaan Museum Sri Baduga Bandung, Sajidin Aries, sesuai rilis yang dikutip Tribun Jabar, Selasa (5/1/2016).

Pengunjung Museum Sri Baduga Bandung Lebihi Target

Jumlah pengunjung Museum Sri Baduga Bandung selama tahun 2015 mencapai 134.000 pengunjung. Jumlah tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan, yakni 120.000 pengunjung. “Mudah-mudahan dengan adanya multimedia digital ini, jumlah pengunjung akan semakin meningkat,” kata Aries.

Museum Sri Baduga di Jalan BKR No 185. Masuk ke museum ini harus membayar Rp. 3.000. Di sini pengunjung bisa menyaksikan kebudayaan manusia mulai zaman purba. Replika gua lengkap dengan replika tengkorak manusia purba dipajang di museum ini. Di sini juga terdapat replika arca yang pernah ditemukan di kawasan Jawa Barat. Koleksi lainnya bisa dilihat di bagian lain Museum Sri Baduga Bandung ini. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.