BAGI Anda yang lahir pada 2000-an mungkin takkan mengenal benda ini. Namanya pita kaset. Pita kaset ini adalah format media untuk memasarkan karya para pemusik. Pada 1970-1990-an, pita kaset atau compact cassette ini merupakan format media yang digunakan dalam industri musik selain piringan hitam, dan belakangan compact disc.

Meski, peredarannya sudah tidak ada lagi karena sejak 2000-an mulai tergeser oleh format mp3, masih ada penjualnya di Bandung. Di beberapa tempat, seperti di belokan Jalan Balonggede dan Dewi Sartika, Cihapit, Astananyar masi ada yang setia menjual cassette dari artis-artis ternama.

Di Jalan Dewi Sartika, penjual cassette menggelar di trotoar di seberang penjual buku bekas. Ratusan compact cassette dari berbagai artis nama terlihat berjejer rapi. Penjual juga menyediakan walkman –cassette player portable yang kini sudah tidak diproduksi lagi– untuk memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mencoba compact cassette yang akan dibeli.

Di deretan, paling kanan kedua compact cassette ada grup musik progresif legendaris Genesis. Deretan lainnya juga menyimpan grup-grup musik dan penyanyi lawas lainnya. Kemasannya juga dibersihkan dulu oleh penjualnya sebelum dijajakan untuk menarik minat para pembeli. Bagi yang senang bernostalgia bersama lagu-lagu Daniel Sahuleka di sini pun ada.

kaset bekas
Kaset bekas yang djual di Jalan Balonggede, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com

Kaset Bekas Dibanderol 10 Ribu–15 Ribu

Compact cassette tersebut dibanderol bervariasi, tergantung artisnya, dan kualitas barang.

“Saya jual Rp 10.000-15.000. Tapi, kadang Rp 5.000 juga jadi tergantung artisnya,” kata Budi, warga Turangga yang berjualan compact cassette bekas di Jalan Dewi Sartika, Rabu (13/2/2019).

Menurut Budi, bahkan ada compact cassette yang sama sekali tidak dilirik oleh pembeli. Kalau untuk compact cassette yang seperti itu Budi terpaksa menjualnya dengan obral.

“Kaset itu jualnya gimana selera pembeli. Bisa ada yang berbulan-bulan nggak ada pembelimya. Jadi terpaksa dijual murah,” kata Budi.

Budi mendapatkan compact cassette dari tempat-tempat yang menjual
compact cassette bekas harganya murah dan artisnya banyak dicari penggemar.

“Biasanya saya sekali-kali ke Astanaanyar untuk mencari kaset yang dijual. Ada juga yang sengaja datang ke sini untuk menjual kaset-kasetnya,” kata Budi.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.