Kampung Wisata Jelekong Tetap Menarik untuk Dikunjungi Pecinta Seni

Kampung Wisata Jelekong sudah lama ada di Giriharja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Para pelukis ini mulai mengenal lukisan sejak 1969. Namun, komunitas pelukis ini sudah mulai dikenal sejak 1980-an.

Ketika memasuki kawasan tersebut, akan terlihat lukisan-lukisan yang dipajang di galeri di sepanjang jalan. Berbagai aliran dan jenis lukisan bisa dinikmati di sini. Lukisan-lukisan tersebut merupakan jualan para pelukis warga di Kampung Wisata Jelekong.

Sesekali juga, pengunjung bisa melihat pelukis yang mengerjakan karya seni di media kanvas di sanggar-sanggar yang ada di sana. Lukisan-lukisan itu tak hanya dijual ke pengunjung yang datang ke sana. Para pelukis menjualnya bahkan hingga ke Medan dan luar negeri. Karya pelukis perajin di Jelekong pun bisa diperoleh di Jalan Braga.

Di Kampung Wisata Jelekong pun terdapat padepokan seni wayang golek. Tak hanya cara membuat wayang yang diperagakan di sana, beberapa kesenian seperti wayang golek, jaipong, pencak silat, dan lain-lain kerap digelar di sini.

Di Kampung Wisata Jelekong juga memiliki tempat wisata 3D mini. Lokasinya masih berada di jalan tersebut. Sebuah komunitas bernama Komunitas Gurat membangun tempat wisata tempat wisata kekinian yang menawarkan spot foto berupa lukisan 3D karya pelukis dari komunitas tersebut. Berbeda dengan tempat wisata sejenis, di sini pengunjung bisa mendapatkan workshop singkat melukis di atas kanvas.

Kampung Wisata Jelekong dan 3D

kampung wisata jelekong
Pelukis di Jelekong. | Foto serbabandung.com

Cara itu dilakukan untuk mempertahankan kampung tersebut yang mau tidak mau meredup oleh kehadiran tempat wisata kenian. Sebanyak 600 pelukis bergabung dalam komunitas tersebut yang memiliki niat sama untuk memperjuangkan keberadaan pelukis-pelukis di kampung tersebut.

Kampung ini didirikan oleh Asep Sunandar Sunarya. Dulunya Kampung Jelekong bisa di bilang kampung yang tidak terkenal namun ketika Abah Asep Sunandar tinggal di kampung ini semuanya berubah. Kampung Jelekong berubah nama menjadi Kampung Giri Harja Endah, lalu dikenal sebagai kampung seni yang terletak di Bandung selatan.

Kampung Jelekong hanya berjarak 12 Km dari Kota Bandung terdiri dari empat RW dengan jumlah penduduk kurang lebih 4.800 jiwa ini tak jauh dari Jalan Laswi yang mengarah ke Ciparay. Untuk ke san bisa ditempuh melalui Jalan Buahbatu terus ke Bojongsoang dan belok ke kanan ketika menemui simpang Jalan Siliwangi di Baleendah. Alternatif lainnya bisa lewat Jalan Mohamad Toha menuju Dayeuhkolot, Baleendah, kemudian ke Jalan Laswi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *