Kampung Daun, Restoran Suasana Pedesaan di Cihideung Lembang

Kampung Daun adalah tempat wisata kuliner di Jalan Sersan Bajuri Km 4.7 No 88.  Tempat wisata kuliner ini menawarkan konsep galeri alami dan kafe. Mereka menyebutnya Cafe and Cultur Gallery. Suasana alami bernuansa pedesaan ditawarkan Kampung Daun untuk para pengunjungnya.

Penataan Kampung Daun dibuat sunyi dengan ornamen tradisional yang antik, seperti tempat makan, saung-saungan, lesehan, dan lampu temaram yang remang-remang menerangi kawasan ini. Sepanjang jalan menuju ke tempat wisata ini pengunjung disuguhkan pemandangan menarik berupa jajaran obor di sisi jalan.

Kampung Daun berada di Villa Trinity. Sebelum ke tempat wisata tersebut, pengunjung harus melewati perumahan elite tersebut. Untuk menuju ke sana, rute yang paling mudah adalah masuk dari Jalan Sersan Bajuri, beberapa meter di seberang terminal Ledeng.

Jalanan menanjak dan kecil harus dilewati pengunjung. Di sepanjang perjalanan, pengunjung bakal menemukan tempat-tempat wisata lainnya seperti The Peak dan Sapu Lidi. Perumahan elite pun kerap ditemukan di sana. Begitu juga penginapan.

Kampung Daun yang Romantis

Kampung Daun
Kampung Daun. | Foto Kampung Daun

Ke tempat wisata ini  sebaiknya pada sore hari menjelang malam karena pengunjung akan merasakan udara dingin pegunungan di kawasan Cihideung, Lembang. Cihideung berada di kawasan dataran tinggi di Kabupaten Bandung Barat. Di kawasan ini banyak petani yang mengembangkan tanaman hias, termasuk bunga untuk dijual.

Sebelum memasuki area restoran, pengunjung harus memesan tempat di tempat yang telah disediakan. Petugas di sana akan menanyakan jumlah orang yang akan masuk. Mereka kemudian akan menghubungi pelayan lainnya yang ada di dalam. Setelah itu pengunjung bakal mendapatkan nomor saung berdasarkan jumlah orang. Saung di sana memang ukurannya berbeda-beda sesuai kapasitas orang yang akan menggunakannya.

Bagi yang ingin bernostalgia dengan makanan zaman dulu, di sini tempatnya. Di Kampung Daun, pengunjung bisa menyaksikan beragam dagangan tempo dulu seperti gulali, dodol, dan kue-kue tradisional. Selain itu mainan tradisional pun tersedia di sana. Bagi yang ingin bermain congklak, papan congklak sengaja disediakan pengelola untuk pengunjungnya. Di samping itu ada galeri dan panggung hiburan.

Saung di Kampung Daun pengunjung bisa bersantap secara lesehan. Adapun menu-menu yang tersedia di sini menu khas indoensia dan luar negeri, seperti nasi timbel, rawon, sop buntut, steak, pizza dan pasta. Hal yang unik dalam penyajiannya masih tradisional seperti cara penyajian nasi bakar di dalam bambu bekas bakar dan minuman disajikan dari batok kelapa.

Bahan tulisan:

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.