BAGI warga Bandung yang sering bolak balik Bandung Tasikmalaya, kini ada kereta kelas ekonomi relasi Kiaracondong – Tasikmalaya (PP). Nama keretanya KA Galunggung. PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan pada Rabu (26/12/2018).

Tarif kereta ini sebesar Rp35.000,- untuk jarak terjauh (>58 km) dan Rp25.000,- untuk tarif parsial (0-58 km). Kereta ini memiliki enam gerbong berkapasitas 636 tempat duduk. Waktu tempuhnya lenih cepat daripada menggunakan moda transportasi lainnya.

Menggunakan kereta ini waktu tempuh Tasikmalaya menuju Bandung bisa ditempuh sekitar 3 jam 20 menit. Sedangkan menggunakan moda transportasi roda empat atau Bus waktu tempuhnya bisa 4 jam lebih.

Selama promosi mulai 25 Desember hingga 25 Januari, kereta ini digrastiskan dengan syarat pemesanan tiket tujuh hari sebelumnya.

PT KAI meluncurkan kereta ini selain memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat yang akan menuju Tasikmalaya maupun Bandung, juga sebagai dukungan untuk meningkatkan pariwisata daerah.

Stasiun Kiaracondong, stasiun keberangkatan KA Galunggung
Stasiun Kiaracondong, stasiun keberangkatan KA Galunggung. | Foto serbabandung.com

Keberadaan KA ini benar-benar memudahkan karena KA yang melayani relasi tersebut hanya KA jarak jauh.

Kereta ini menggunakan rangkaian KA Kahuripan yang idle di siang hari. Stasiun yang disinggahi oleh kereta api ini adalah Stasiun Rancaekek, Cicalengka, Leles, Cibatu, dan Cipeundeuy.

Direktur PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kemudahan masyarakat mendapatkak transportasi yang nyaman dan bebas macet.

Kemudahan layanan transportasi antardaerah ini juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Tasikmalayan maupun sebaliknya.

Nama Galunggung untuk KA ini diambil dari Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalanya. Gunung ini memiliki ketinggian 2.168 m dml (di atas permukaan laut). Galunggung masih aktif dan beberapa kali pernah erupsi.

Jadwal Keberangkatan KA Galunggung

Relasi Kiaracondong-Tasikmalaya

Naik dari Kiaracondong pukul 06.05 WIB
Dari Rancaekek pukul 06.30 WIB
Naik dari Cicalengka pukul 06.41 WIB
Dari Leles Pukul 07.30 WIB
Naik dari Cibatu pukul 07.51 WIB
Dari Cipeundeuy pukul 08.37 WIB

Relasi Tasikmalaya-Kiaracondong

Dari Tasikmalaya pukul 10.35 WIB
Naik dari Cipeundeuy Pukul 11.53 WIB
Dari Cibatu pukul 12.30 WIB
Naik dari Leles pukul 12.59 WIB
Dari Cicalengka pukul 13.39 WIB
Naik dari Rancaekek pukul 13.54 WIB

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.