Jalan Karapitan Bandung, Kenangan dan Masa Kini

Di Jalan Karapitan Bandung sekitar tahun 1980-an ada bioskop Citra. Sekarang gedung bekas bioskop itu berfungsi sebagai rumah dan toko. Sebelum menjadi bioskop Citra, bioskop ini adalah bioskop misbar alias gerimis bubar. Bioskop ini sempat terkenal dan populer kala itu.

Di seberang bioskop, ada lapangan sepak bola POR UNI (Uitspanning na Inspanning). Lapangan ini sangat terkenal. Di lapangan ini juga lahir nama-nama beken seperti Yusuf Bachtiar, Yaris Riyadi, Zaenal Arif, Heri Kiswanto, hingga Deni Syamsudin.

jalan karapitan bandung
Ini adalah bangunan apartemen yang berdiri di bekas Lapangan Sepak Bola PS UNI di Jalan Karapitan Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Lapangan tersebut kini telah berdiri bangunan untuk apartemen. POR UNI sendiri pindah ke lapangan yang fasilitasnya lebih lengkap di Ciwastra. Lahan tersebut merupakan tukar guling dengan pengembang apartemen.

Tepat di mulut jalan ini ada Universitas Langlangbuana (Unla). Ini adalah universitas swasta di Bandung yang berdiri pada 1980. Universitas ini merupakan prakarsa beberapa purnawirawan polri melalui Yayasan Pendidikan Tri Bhakti. Alamat Unla berada di Jalan Karapitan Bandung No. 116.

Di Jalan Karapitan terdapat gerai-gerai yang menjual barang-barang bekas, seperti Rangkas dan BaSe (Barang Second). Gerai barang bekas yang di jalan ini merupakan pelopor dan sempat populer memasuki tahun 2000-an.

Ada Toko Ikan Hias di Jalan Karapitan Bandung

Bagi yang hobi memelihara ikan hias, di Jalan Karapitan Bandung terdapat toko yang menjual ikan-ikan hias beserta akuarium dan aksesorinya. Gampang Ingat Aquarium adalah salah satunya. Di sini tersedia berbagai macam kebutuhan mulai dari akuarium, lampu akuarium, batu/pasir untuk akuarium, makanan ikan, hingga obat-obatan ikan. Alamat lengkap Gampang Ingat Aquarium di Jalan Karapitan No 74.

Toko Buku Singgalang adalah toko yang legendaris di Jalan Karapitan Bandung. Pada 1980-an toko ini sudah ada di sana. Kala itu, toko yang menjual buku dan alat-alat tulis ini menjadi toko favorit sebelum toko-toko buku besar bermunculan.

Jalan Karapitan memanjang mulai dari Jalan Moh Ramdan hingga Jalan Sunda. Jalan ini melewati beberapa jalan seperti persimpangan Jalan Cikawao. Kemudian Jalan Melong, Jalan Emung, Jalan Emong, hingga Jalan Lengkong Kecil.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.