IMLEK atau Tahun Baru Cina diperingati setahun sekali pada Februari. Persiapan pun dilakukan oleh warga Tionghoa. Di Bandung, terutama di kawasan pecinan, pernak-pernik bisa terlihat saat mulai dekat pada harinya. Vihara, tempat sembahyang pun ikut dibenahi.

Nuansa itu biasa terlihat di kawasan Jalan Cibadak. Toko-toko di sepanjang jalan itu menjual berbagai ornamen, seperti lampion, angpao, dan lain-lain. Tak hanya untuk dijual, pengelola toko itu memang sengaja menghiasnya dengan ornamen khas Imlek.

Di sudut belokan Jalan Cibadak ke arah Sudirman, kelompok Barongsai pun menyiapkan pementasan. Biasanya Barongsoai banyak dipentaskan menjelang, saat, dan pascaimlek. Hal sama dilakukan oleh kelompok Barongsai Lucky Lion. Setiap Imlek kelompok ini selalu kebanjiran jadwal pementasan.

“Biasa kalau Imlek banyak jadwal pementasan. Biasanya di hotel-hotel atau tempat keramaian. Jadwal terdekat kami mentas di Rumah Sakit Melinda,” kata Roni di Sekretariat Kelompok Barongsai Lucky Lion, Jalan Cibadak 285, Kamis (31/1/2019) sore.

Selain berlatih keras untuk mempertontonkan barongsai, Roni juga harus mempersiapkan kostum. Celana barongsai misalnya. Dia rapikan supaya terlihat bagus. Rumbai-rumbai di celana Barongsai yang khas, Roni rapikan menggunakan sisir.

Berbenah Jelang Imlek

imlek
Vihara Dharma Ramsi di Cibadak dibenahi menjelang Imlek, Kamis (31/1/2019). | Foto serbabandung.com

Di Gang Ibu Aisyah, Vihara Dharma Ramsi dibenahi. Pintu gerbang dicat kembali. Kemudian patung-patung dibersihkan. Ornamen-ornamen pun ikut dirapikan.

Di sudut vihara, terdapat tempat membuat lilin berukuran besar. Lilin tersebut digunakan saat sembahyang pada saatnya nanti. Mereka membuat lilin itu untuk digunakan sendiri dan pesanan dari vihara lain di Kota Bandung.

Sore itu, para pekerja sangat teliti membungkus lilin dengan plastik yang ada tulisan huruf Cina-nya. Mereka telaten agar saat membungkus tidak merusak lilin-lilin itu.

Dalam Wikipedia dijelaskan Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru ini dimulai pada hari pertama bulan pertama dalam penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru Cina dikenal sebagai Chúxī yang berarti “malam pergantian tahun”.

Imlek 2019 jatuh pada 5 Februari.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.