Categories
Kuliner

Gurilem, Kerupuk Khas Cililin, yang Gurih dan Pelem

ANDA penyuka kerupuk pedas? Jangan melupakan kerupuk gurilem alias guris pelem khas Cililin. Jika penasaran, silakan kunjung pabriknya di Kampung Pasir Meong, Desa Cililin, Kampung Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Sudah bukah rahasia lagi, kerupuk ini sangat disukai tua dan muda, kaya dan miskin, karena rasanya yang gurih dan pedas.

Kerupuk gurilem banyak pilihan rasa, ada rasa orisinal, pedas, rasa kacang, keju, kelapa, dan lain-lain.

Namun, kerupuk gurilem yang menjadi favorit adalah kerupuk rasa orisinal kacang bawang dan kerupuk rasa pedas.

Kerupuk ini sudah diproduksi sejak 1975. Namun kerupuk gurilem semakin populer sejak 2010-an.

Pembelinya semakin ramai dan banyak mendatangi toko-toko kerupuk di Kampung Pasir Meong dan sekitarnya. Terutama wisatawan yang membelinya untuk oleh-oleh. Biasanya mereka datang pada Sabtu dan Minggu.

Penjual kerupuk ini mulai terlihat sejak memasuki kawasan Cililin. Kerupuk-kerupuk ini bergelantungan di depan warung-warung yang menjual oleh-oleh. Kerupuk-kerupuk itu merupakan buatan Pasir Meong.

Selain dipajang di warung-warang sepanjang jalan Cililin, kerupik ini dijajakan penjualnyanya menggunakan sepeda motor. Bahkan ada yang selain menjual kerupuk juga menjual tahu.

Kerupuk ini buatan Kampung Pasir Meong harganya relatif murah. Di pasar, kerupuk ini dijual Rp 5.000 hingga 10.000 per plastik. Sedangkan dari pabriknya, kerupuk ini dijual 2.500 per kantung plastik.

Kerupuk tersebut dikemas sederhana. Tak ada cap di plastik kerupuk buatan Pasri Meong. Supaya kemasan kerupuk rapat, plastik diikat menggunakan karet gelang.

Pabrik Kerupuk Gurilem

Di Pasir Meong terdapat dua jenis pabrik kerupuk ini. Ada pabrik yang khusus membubuinya. Kemudian pabrik lainnya adalah memproduksi kerupuk mulai dari pengadonan hinga proses pengorengan.

Tidak jelas kerupuk asal Cililin diberi nama kerupuk gurilem. Kerupuk ini memiliki nama-nama macam-macam, selain gurilem, ada juga yang menyebut kerupuk cacing, kerupuk jendil, pilus, kerupuk panjang, dan lain-lain.

Kerupuk gurilem, kini, tidak hanya beredar di Cililin. Penjual kerupuk ini sudah menyebar ke mana-mana. Bahksa, sekarang, sudah ada yang menjualnya dengan kemasan lebih menarik. Kemasan dibubuhi mereka dan terbungkus dalam plastik yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *