Gunung Artapela, Surga Buat Wisatawan di Kawasan Kertasari

Gunung Artapela adalah nama gunung yang mulai nge-hits di antara para pendaki. Berada di ketinggian 2.194 mdpl, Artapela merupakan gunung tropis yang sudah tidak aktif lagi. Lokasinya berada di Kertasari berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Untuk ke gunung ini bisa ditempuh dari Pangalengan. Namun rute termudah, jika dari Bandung, bisa lewat Jalan Buahbatu, terus melewati Bojongsoang, dan Baleendah. Tiba di persimpangan Beleendah belok kiri ke arah Ciparay.

Perjalanan berlanjut menyusuri Jalan Siliwangi, kemudian Jalan Laswi. Sebelum Alun-alun Ciparay dekat Masjid Agung Ciparay belok kanan ke jalan ke arah Sukapura, Pacet. Dari Ciparay, Sukapura jaraknya kira-kira 17 Km.

Setelah tiba di Sukapura akan menemukan pertigaan yang salah satunya menuju Kampung Argasari. Pos Pendakian Artapela terdapat di Kampung Argasari RT. 001 RW. 014 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Gunung Artapela memiliki pemandangan indah, cuaca sejuk, dan kabut yang seolah tak mau pergi di sekitar gunung. Keindahan itu menjadikan tempat ini digemari para pecinta alam. Dari sini juga pengunjung bisa menikmati momen matahari terbit dan tenggelam.

Dua Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Artapela

Bagi yang hobi trekking, perjalanan menuju puncak Gunung Artapela merupakan sebuah pillihan. Ada dua jalur untuk menuju ke puncak gunung, yakni jalur Seven Field (kebun 7) dan melalui Datar Jamuju. Jalur seven field menanjak sedangkan jalur Jamuju relatif lebih landai.

Di perjalanan, pendaki bisa menyaksikan perkebunan sayuran seperti wortel. Pendakian ke puncak Artapela tidak seperti mendaki ke gunung-gunung lain yang harus menelusuri hutan, di sini malah bisa menyaksikan para petani yang tengah mengurusi tanaman di kebunnya.

Untuk menikmati kawasan ini, wisatawan harus membayar Rp. 5.000/orang. Adapun untuk parkir sepeda motor Rp. 5.000/malam dan roda empat Rp. 15.000/malam. Kawasan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00. Di kawasan ini pun pengunjung bisa berkemping dengan terlebih dahulu mengisi formulir registrasi dan perijinan di pos.

Foto dan bahan tulisan mengenai Gunung Artapela diambil dari  http://tempatwisatadibandung.info/ 
dan https://travel.detik.com/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.