GBLA, Stadion yang Aksesnya Bisa Ditempuh dari Beberapa Arah

Gelora Bandung Lautan Api adalah stadion terbesar di Kota Bandung. Stadion yang berada di Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, ini diresmikan pada 9 Mei 2013. Banyak jalur ke GBLA yang bisa digunakan para pecinta sepak bola untuk pergi ke sana. Infra struktur jalan sepanjang 2 km memanjang dari Jalan Darwati ke stadion tersebut pun telah dibangun.

Jalur ke stadion ini  akan relatif lebih gampang jika pintu tol khusus di KM 149 ruas Tol Purbaleunyi tuntas dibangun. Berarti untuk ke stadion tersebut bisa lewat tol tanpa harus ke luar tol lagi. Dari Tol Buahbatu misalnya bisa langsung ke arah Tol Cileunyi kemudian keluar dari pintul tol khusus langsung ke jalan yang dbangun khusus untuk menunjang pembangunan stadion.

Begitu juga yang dari Jakarta dari Tol Jakarta-Cikampek bisa langsung ke Tol Purbaleunyi tanpa harus keliar di Exit Buahatu. Dengan adanya pintu tol khusus di KM 149 bisa menghemat waktu karena tidak melewati jalur macet seperti di Jalan Buahbatu, Jalan Soekarno Hatta, dan Simpang Kircon.

Jalur ke GBLA yang biasa dilalui sekarang adalah ke Jalan Soekarno Hatta bila dari arah Buahbatu dan Kiaracondong. Di simpang Gedebage, kendaraan arahkan ke Jalan Gedebage. Ikuti jalan itu hingga menemui pertigaan yang belok ke kanan ke arah Sapan. Silakan ikuti jalan itu hingga menemui petunjuk jalur ke GBLA. Kemudian belok kiri dan ikuti jalan itu hingga menemui stadion. Jika dari arah Cibiru, di persimangan Gedebage silakan belok kiri.

Stadion GBLA
Stadion GBLA di Gedebage.
Foto serbabandung.com

Bagaimana kalau dari Baleendah atau Dayeuhkolot? Jalur ke GBLA yang bisa digunakan yakni jalan yang mengarah ke Bodogol. Aksesnya bisa melalui Jalan Cikoneng. Kemudian ikuti Jalan Cikoneng hingga sampai di pertigaan Derwati. Silakan belok kanan, ikuti jalan itu hingga menemukan petunjuk arah ke stadion ini. Kalau yang dari Majalaya dan Ciparay bisa melalu Jalan Sapan yang mengarah ke Kota Bandung.

Ke GBLA Bisa Menggunakan KRD

Ke Stadion GBLA pun bisa menggunakan kereta. Dari Stasiun Bandung naik KRD jurusan Cicalengka turun di Stasiun Cimekar, keluar stasiun sisi selatan jalan ke GBLA. Begitu juha yang dari arah Stasiun Kiaracondong. Dari Stasiun Kiaracondong naik KRD jurusan Cicalengka turun di Stasiun Cimekar, keluar stasiun sisi selatan jalan ke GBLA. Sebaliknya yang dari Cicalengka turunnya sama yakni di Stadion Cimekar.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan Sekemirung-Gedebage di seberang Terminal Cicaheun kemudian turun di Pasar Induk Gedebage. Dari sana bisa naik angkot Cicadas-Cibiru-Panyileukan turun di ujung trayek. Kemudian jalan kaki atau naik ojek ke stadion ini. Jaraknya kira-kira 1 km.

Dari Terminal Leuwipanjang yang mau ke GBLA bisa naik bus Damri di Jalan Soekarno Hatta ke arah Jatinangor kemudian turun di seberang Gerbang Panyileukan. Perjalanan dilanjutkan menggunakan angkot Cicadas-Cibiru-Panyileukan turun di ujung trayek. Terakhir berjalan kaki atau naik ojek ke GBLA.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.