Cicendo Lasik Center Layanan Unggulan dari RS Mata Cicendo

Cicendo Lasik Center adalah layanan Rumah Sakit Mata Cicendo. Lasik atau laser in-situ keratomileusis adalah prosedur bedah untuk memperbaiki mata bermasalah seperti rabuh jauh, rabun dekat serta kelainan mata lainnya dalam waktu singkat.

Cicendo Lasik Center mulai melayani pasien pada 2007. Layanan ini diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, bersaamaan dengan peresmian Gedung Poliklinik 4 lantai, Paviliun, Cicendo Lasik Center, Sabtu (12/1/2013).

Layanan lasik diharapkan menambah daya tarik masyarakat dalam maupun luar negeri, terhadap salah satu layanan unggulan RS Mata Cicendo ini. Tadinya pasien yang hendak mendapatkan layanan lasik harus terbang ke luar negeri, seperti ke Singapura.

Cicendo Lasik Center
Cicendo Lasik Center. | Foto cicendoeyehospital.org

Lasik Center Cicendo dilengkapi peralatan modern dan memiliki ruangan serta studio lasik yang representatif dan modern. Peralatan mesin lasik serta peralatan laser terapi (argon dan yag) yang dimiliki rumah sakit ini termauk yang mutakhir.

Pelayanan unggulan lain dari Rumah Sakit Mata Cicendo adalah poliklinik paviliun yang buka mulai Senin – Jum’at pukul 07.00 – 13.00 dan poliklinik Sabtu buka mulai pukul 08.00 – 13.00. Pasien juga dapat memilih 1 di antara 39 orang dokter spesialis mata yang diinginkan.

Rumah Sakit Mata Cicendo diresmikan pada 3 Januari 1909. Dulu bernama Koningen Wilhemina Gathuis voor Ooglijders. Direktur pertamanya adalah C.H.A. Westhoff. Pelayanan yang diberikan saat itu adalah pelayanan rawat jalan, rawat inap dan kegiatan operasi.

RS Mata Cicendo sempat menjadi rumah sakit umum pada 1942 – 1945. Sempat juga menjadi i Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada 1961. Baru pada 1976 menjadi Pusat Kegiatan Bank Mata dan Pusat Kegiatan Hari Kesehatan Sedunia dengan tema Pencegahan Kebutaan.

Pada 1978 ditetapkan sebagai Rumah Sakit Tipe C oleh Departemen Kesehatan dan pada 1992 ditetapkan sebagai Rumah Sakit Tipe B Non Pendidikan oleh Departemen. Tahun 2007  RS mata ini menjadi Rumah Sakit Khusus Kelas A dan menjadi Rumah Sakit dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU) berdasarkan dan  tahun 2009 ditetapkan sebagai pusat mata nasional.

Cicendo LASIK Center

Telp (022) 426 0464
PIN: 7D5D9966, 7E7A343D
Twitter: @lasikrsmcicendo, @lasikcicendo

Sumber:
http://www.depkes.go.id/development/site/jkn/index.php?cid=2191&id=menkes-resmikan-pembangunan-cicendo-lasik-center-dan-poliklinik-4-lantai.html
http://info.pikiran-rakyat.com/info-kita/pusat-mata-nasional-rumah-sakit-mata-cicendo-bandung-cicendo-lasik-center-kelainan
http://www.cicendoeyehospital.org/index.php/profil/sejarah.html

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.