Cendol Elizabeth, Harganya Relatif Terjangkau

ES cendol Elizabeth adalah minuman khas Kota Bandung. Minuman yang terbuat dari sagu ini menjadi kesukaan warga kota kembang karena kelezatan dan kesegarannya. Lagi pula harganya relatif terjangkau oleh siapa pun.

Minuman dingin ini hampir sama dengan dawet, minuman dari Jawa Tengah. Perbedaannya cendol berwarna hijau terbuat dari sagu, dan ukurannya lebih besar. Adapun dawet terbuat dari bahan yang sama namun warnanya berbeda, yakni putih dan ukurannya lebih kecil.

Minuman segar ini dalam satu gelasnya terdiri dari cendol berwarna hijau, irisan nangka, santan kental, serutan es batu serta larutan gula merah yang kental. Gula  merah untuk cendol Elizabeth didatangkan langsung dari petani gula di Cilacap, Jawa Tengah. Ini untuk memberikan rasa lain pada cendol Elizabeth.

Cendol Elizabeth Jalan Inhoftank Bandung |Foto serbabandung.com
Cendol Elizabeth Jalan Inhoftank Bandung |Foto serbabandung.com #serbabandung

Kadar gula dan santan yang lebih kental  dan bahan-bahannya tidak ditambah zat-zat kimia seperti pewarna dan pengawet membuat cendol ini berbeda dengan cendol yang lain.

Cendol Elizabeth terbuat dari sagu. Pewarna hijau berasal dari daun suji. Agar cendol menjadi wangi ditambahkan daun pandan.

Dikutip dari laman penayasin.com bahan-bahan tersebut  diperoleh dari pabriknya langsung. Seperti sagu berasal dari Kepulauan Riau dan gulanya berasal dari Cilacap Jawa Tengah. Sedangkan pandan dan daun suji berasal dari kebunnya sendiri di Ciparay dan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Es cendol Elizabeth berada  di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung. Tidak  jauh dari Lapangan Tegallega. Es cendol Elizabeth juga bisa diperoleh di  Jalan Oto Iskadardinata, Cihampelas, Merdeka, Buahbatu, Setrasari, Pahlawan, Kopo, Majalaya, dan  di Tasikmalaya.

Es cendol Elizabeth biasanya menjadi buruan masyarakat pada Ramadan. Minuman menyegarkan ini biasanya dipilih warga yang berpuasa untuk takjil. Disebutkan di laman penayasin.com es cendol Elizabeth jika sedang hari libur atau setiap hari pada Ramadan untuk restoran pusatnya di jalan Inhoftank mampu meraup omzet 10 juta hingga 15 juta. *

Es Cendol Elizabeth

  • Di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung
  • Cendol Elizabeth terbuat dari sagu
  • Pewarna hijau berasal dari daun suji
  • Agar cendol menjadi wangi ditambahkan daun pandan

 

 

 

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.