Canary Bakery & Cafe, Pernah Menjadi Toko Es Krim

JALAN Braga tidak hanya memberikan pesona arsitektur gedung-gedung zaman kolonial. Jalan yang melegenda ini juga menawarkan kuliner jaman dulu. Ada beberapa kafe/restoran yang masih bertahan menawarkan pesona makanan atau minuman pada pelanggannya. Di sepanjang jalan ini mulai dari Jalan Asia Afrika hingga Jalan Wastukencana kafe yang menunya merupakan menu jaman dulu kerap menjadi pilihan warga Bandung  dan luar Bandung. Braga Permai  atau Sumber Hidangan nama kedua restoran ini sudah terkenal sejak jaman dulu. Sebetulnya masih ada satu lagi yakni Sarinah. Kafe yang berada di halaman toko serba ada itu sudah tak ada lagi karena lahannya telah berubah menjadi sebuah hotel. Masih di Jalan Braga, tepatnya di persimpangan Jalan Naripan dan Braga terdapat kafe yang menawarkan hidangan-hidangan yang mengundang selera. Namanya Canary Bakery & Cafe. Kafe ini lumayan sudah lama berdiri. Bangunannya terdiri dari empat lantai, dan hampir berhadap-hadapan dengan Gedung LKBN Antara.

Kafe yang tak jauh dari Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan  (YPK) ini tadinya sebuah restoran  dengan nama Maison Vogelpoel. Dalam blog  mtnugraha.wordpress.com disebutkan Maison mempunyai arti “rumah” namun dapat juga mempunyai artian “pengusaha kecil”. Adapun Vogelpoel merupakan  nama belakang dari pemilik restoran tersebut yaitu Theodorus Vogelpoel.

Restoran yang didirikan pada 1910 berubah nama pada 1930-an menjadi Baltic. Baltic khusus menjual  es krim. Bangunannya sebesar rumah  dan hanya satu lantai. Bagian depan toko ini menghadap ke Jalan Naripan. Para penikmat es krim bisa menikmati hidangan lezat sambil melihat pemandangan Jalan Braga.

Toko ini bertahan hingga 1970-an. Pada  1980-an bangunan tersebut dibongkar yang kemudian dibuat bangunan baru dengan gedung  berlantai empat seperti yang bisa dilihat sekarang. Toko es krim Baltic tersebut merupakan cabang dari toko Baltic di  bilangan Senen, Jakarta Pusat.

Canary Bakery & Cafe masih membuat roti legendaris seperti kue bagelen dan pisang bolen. Kafe ini juga menjual aneka roti dan kue seperti brownies kukus, brownies panggang, pisang bolen, apple pastry dan lain sebagainya. Di sini pembeli bisa makan roti dan kue di tempat yang telah tersedia. Tentu saja bisa sambil ngopi-ngopi  dan kongko-kongko bersama kolega, atau keluarga, layaknya di sebuah kafe.

Canary Bakery & Cafe yang terletak di Jalan Braga nomor 16 ini beroperasi setiap hari mulai pukul sembilan pagi hingga sembilan malam. Pembeli bisa memilih hidangan yang dipajang di etalase. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.