BURSA buku Palasari  berada di Pasar Palasari.  Toko-tokonya identik dengan penjual buku diskon. Pasar ini memang khusus menjual buku-buku yang harganya lebih miring ketimbang harga buku  di toko buku reguler. Diskonnya lumayan besar bisa mencapai 20-30 persen.  Tergantung kesepakatan penjual dan pembeli.

Bursa buku Palasari  berada di Jalan Plasari. Tak jauh dari Jalan Buahbatu  dan Jalan Pelajar Pejuang. Pasar ini pun tidak  jauh dari kompleks olahraga Jalan Lodaya. Orang di kawasan itu pasti tahu keberadaan pasar bursa buku murah tersebut.

Selain murah buku-buku di sini termasuk lengkap. Mulai dari buku pelajaran, novel, komik, buku sastra, buku filsafat, bahkan komik juga ada. Di sini pembeli bisa mendapatkan buku-buku lama. Kalau pintar mencari, kadang  ada yang menjual buku langka, dan harganya pun murah.

Di sini ada penjual jasa menyampul dengan plastik. Biasanya mereka menyediakan meja dan kursi di depan kios-kios di pasar tersebut. Setelah membeli buku di kios biasanya ditawari oleh penjual jasa untuk menyampul  buku tersebut. Harga menyampul di sana Rp 1.000 per buku (mungkin sekarang udah naik).

Pasar yang berdiri sejak 1980-an ini  pernah terbakar pada 1992 dan 2007. Pada kebakaran 2007,  63 dari 200 kios ludes terbakar.

Pasar Palasari adalah  Pasar Inpres yang berdiri  pada 1980-an. Awalnya hanya ada 20 kios buku dan sekarang ada sekitar 400 kios buku.  Di sini tak hanya ada penjual buku saja. Di belakang pasar terdapat pasar tradisional yang menjual kebutuhan hidup sehari-hari.

Penjual Buku di Bursa Buku Palasari Pindahan dari Cikapundung

Pedagang buku yang berada di Pasar Palasari merupakan pindahan dari Cikapundung. Tepatnya di sebelah sungai Cikapundung/gedung PLN. Sekarang pun masih ada pedagang buku yang menjajakkan dagangannya di sana. Mereka berdagang di Cikapundung sejak 1958.

Pasar Palasari sebetulnya dibangun dua tingkat. Pada  90-an bangunan Palasari berubah menjadi satu lantai hingga sekarang. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.