Beberapa Galeri Seni di Bandung

DI Bandung tak hanya ada tempat kuliner, belanja, atau tempat wisata. Di kota ini juga terdapat galeri seni atau tempat pameran yang sering digunakan oleh para seniman ternama, seperti ArtSociates Lawangwangi, Museum Barli, NuArta Sculpture Park, atau Selasar Sunaryo Art Space.

ArtSociates Lawangwangi berada di Jalan Dago Giri No. 99, Warung Caringin, Mekarwangi. Galeri ini berdiri pada 2007. Pendiriannya untuk memfasilitasi seniman muda berbakat yang diseleksi secara ketat. Seniman beken pernah menggelar pameran di sini, yakni Agus Suwage, Tisna Sanjaya, dan A.T. Sitompul.

ArtSociates Lawangwangi berada di Jalan Dago Giri No. 99, Warung Caringin, Mekarwangi, Bandung. | Foto http://artsociates.com/
ArtSociates Lawangwangi berada di Jalan Dago Giri No. 99, Warung Caringin, Mekarwangi, Bandung. | Foto http://artsociates.com/

Untuk menuju ke sana jika tidak menggunakan kendaraan sendiri bisa menggunakan ojek dari Terminal Dago. Perjalannya hanya 10 menit. Untuk ke Terminal Dago bisa menggunakan angkot Abdulmuis-Dago. Geleri ini dibuka untum umum Selasa-Jumat, pukul 10.00-17.00; Sabtu-Minggu, pukul 11.00-17.00. Untuk hari Senin dan hari libur nasional tutup. Pengunjung tidak dipingut biaya.

Masih di kawasan Dago ada Selasar Sunaryo Art Space. Lokasinya berada di Jalan Bukit Pakar Timur No. 100 (Dago Atas). Selain galeri, di sini tersedia kafe dengan dekorasi yang indah, toko, WiFi, perpustakaan, toko hasil kerajinan tangan, Villa Rumah Bambu, amphitheater, dan Bale Handap.

Selasar ini berdiri pada 1998. Pendirinya adalah Sunaryo. Tempat ini menjadi galeri pameran karya Sunaryo yang pernah belajar di ITB. Karya yang dipamerkan berupa seni visual, seni pentas, sastra dan film.

Di Jalan Prof. Dr. Sutami No. 91 terdapat Museum Barli. Museum dan galeri lukisan ini berdiri pada 1992. Lukisan yang dipamerkan di sini sebagian besar karya Barli Sasmitawinata (1921-2007) dan Agung, putranya. Museum ini juga kerap digunakan untuk pameran seni, menjual hasil karya seni, tempat berkumpul para seniman, pelatihan, dan workshop.

Untuk ke Museum Barli sebaiknya menghubungi Bapak Agung karena museum ini tidak selalu buka. Museum ini bisa dijangkau dengan angkot Abdulmuis-Ledeng. Turun di Karangsetra untuk pindah angkot jurusan Sarijadi dan turun di Jalan Cipedes Tengah lalu berjalan kaki ke Museum Barli.

Bandung juga memiliki Nuarta Sculpture Park. Tempat ini sebuah galeri patung dan lukisan milik Nyoman Nuarta. Lokasinya di Jalan Sutra Duta Kencana II No. 11, Sarijadi. Galeri ini dibuka pada 2000, menempati lahan 3 hektare. Galeri ini sering digunakan untuk berkumpul, diskusi, dan kegiatan para seniman, desainer, dan pecinta seni.

Jangan lupa di NuArta Sculpture Park terdapat kafe yang bernama N café, dengan konsep di dalam dan di luar ruangan. Menu favoritnya Balinese Bebek Crispy dan Nasi Campur. *

Galeri Seni di Bandung

NuArta Sculpture Park
Jl. Sutra Duta Kencana II No. 11 (di dalam komplek Setra Duta, Sarijadi)

Selasar Sunaryo Art Space
Jl. Bukit Pakar Timur No.100 (Dago Atas)
Telepon 022 2507939 Fax 022 2516508
Website: www.selasarsunaryo.com
Email:selasar@bdg.centrin.net.id

ArtSociates Lawangwangi
Jl. Dago Giri no. 99, Warung Caringin, Mekarwangi
Telepon 022 2504065 Fax 022 2504105
Website: www.artsociates.com
Email: info@artsociates.com, andonowati@artsociates.com

Museum Barli
Jl. Prof. Dr. Sutami No. 91
Telepon 022 2011898, 0857 2207 7779
Email agungwb@yahoo.com

Bahan tulisan ini dari http://www.jotravelguide.com/bandung/galeri_di_bandung.php

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.