Bebek Bakar dan Goreng yang Sambalnya juga Enak di Bandung

BEBEK bakar enak di mana? Di Bandung ternyata banyak penjualnya. Mulai dari kategori kaki lima hingga restoran. Mereka tak hanya menyajikan bebek bakar tapi juga bebek goreng. Bahkan ada penjual bebek bakar juga menjual ayam goreng dan bakar. Sebut saja Ayam Bakar dan Goreng Si Bungsu.

Ayam dan bebek bakar dan goreng Si Bungsu berada di Jalan Gelap Nyawang No.12, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Mereka berjualan di sebuah lapak di tepi jalan tak jaih dari Jalan Tamansari. Tak hanya ayam dan bebek goreng atau bakar menu lainnya pun mereka tawarkan, seperti tahu, tempe, sate ati ampela, sate usus, kepala ayam dan ceker.

Menu favorit di Si Bungsu datu di antaranya bebek bakar bumbu pedas. Konsumen bisa memilih daging bagian paha atau dada. Daging bakar ini ketika digigit terasa empuk. Rasa pedas sangat terasa ketika menyantap daging bakar tersebut. Selain bebek, ayam bakar bumbu pedas pun menjadi menu favorit di sana.

Pilihan menu lainnya adalah ayam/bakar kecap, dan ayam/bebek goreng. Sambalnya terdiri dua macam, yakni sambal pedas yang terbuat dari campuran cabai dan minyak goreng. Pilihan lainnya adalah sambal manis yang warnanya terlihat hitam.

bebek bakar si bungsu
Bebek bakar Si Bungsu. | Foto serbabandung.com

Kedai Bebek Bakar Lainnya

Kedai olahan bebek lainnya adalah Bebek Bakar Ayayo. Alamat Warung Ayayo di Jalan Bengawan No.67. Yang menarik bebek bakar di sini ada yang dikombinasikan dengan mi kuah. Untuk sambalnya banyak pilihan, ada sambal terasi, kecap, hijau, kacang, hingga dabu-dabu.

Bebek Asap Balcon pun layak dicoba. Tempat makan olahan bebek ini beralamat di Jalan Lodaya No. 19. Balcon menawarkan bebek yang dibakar dalam daun pisang. Harumnya khas membuat menggugah selera siapa pun. Apalagi ketika menyantapnya dicocolkan ke sambal matah, ijo, asap, atau sambal judes.

Warung Betutu Aji Anom di Jalan H. Wasid No.11 jangan dilupakan. Selain bebek betutu, menu bebek favorit di sini adalah bebek dikukus. Bebek kukus memiliki daging yang empuk dan aromanya yang harum.

Tempat makanan olahan bebek lainnya adalah Bebek Segar Merangsang atau Bebek Garang. Restoran bebek ini ada di Jalan Braga, Jalan Sulanjana, Jalan Riau, Straits Kitchen TSM, dan Cimahi. Sesuai dengan namanya yang segar merangsang, nama-nama menunya juga unik. Sambal Bebek Garang memiliki sambal yang pedas. Bebeknya berukuran besar. Untuk menjaga pelanggannya kerasan di sini disediakan permainan seperti ludo, ular tangga, atau uno.

Bebek Kaleyo di Jalan Pasirkaliki No. 185 – 189 merupakan restoran bebek yang sudah berjualan sejak 1976. Outlet yang di Bandung merupakan outlet yang ke-14. Sebelumnya, Bebek Kaleyo sudah ada di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Tempat makan ini memiliki tagline “empuk, lezat dengan sambal dahsyat”.

Kalau yang ini nama restorannya serem yakni Bebek Setan. Lokasinya ada dua di Jalan Lodaya dan di Jalan Ambon. Nama setan disematkan pada makanan bebek ini karena sambalnya yang super pedas. Menu yang ditawarkan di sini adalah bebek plecing yang bisa dibakar atau digoreng, bebek sambel Ijo yang bumbunya didominasi cabai rawit hijau dan disajikan dengan baluran sambel ijo, dan bebek original ala Bebek Setan yang rasanya tidak pedas. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.