Heritage yang Masih Banyak Bediri di Kawasan Jalan ABC

JALAN ABC adalah jalan yang berada di kawasan Sumur Bandung, Kota Bandung. Membentang dari Jalan Oto Iskandardinata hingga Jalan Naripan, terpotong Jalan Alakateri-Jalan Suniaraja, dan Jalan Banceuy yang memanjang dari Jalan Asia Afrtika ke Jalan Suniaraja. Jangan salah di sana pun tersimpan bangunan heritage.

Jalan ini sudah lama terkenal dengan pertokoan yang menjual barang-barang elektronik. Selain itu jalan ini sering dikunjungi oleh pemburu kaca mata, jam tangan, dan juga remote control barang elektronik. Di persimpangan dekat Pasar Baru banyak pedagang buah-buahan menjajakan dagangannya di sana.

Selain tempat belanja yang dekat dengan Pasar Baru, Jalan ABC menyimpan bangunan-bangunan yang arsitekturnya masih bergaya lama. Meski terlihat tidak terurus dan tertutup billboard reklame, gedung-gedung itu masih berdiri kokoh di antara hiruk pikuknya kendaraan yang lewat, dan tawar menawar pembeli dan penjual di sana.

Blog sepanjangjk.wordpress.com menyebutkan Bandung Heritage telah memutuskan dua bangunan di Jalan ABC masuk kategori yang harus dilestarikan. Penetapan tersebut dikeluarkan pada 1997.

Bangunan yang pertama adalah pertokoan kodros, berlokasi di Jalan ABC No. 1, 3, 5, 7, 9 berfungsi sebagai ruko gandeng. Arsiteknya belum diketahui. Adapun pembuatannya pada 1910. Blog sepanjangjk.wordpress.com menyebut bangunan ini masuk dalam kelas A.

Satu lagi, toko yang termasuk dalam daftar cagar budaya adalah Toko Bandung Baru. Toko ini berada di Jalan ABC No  50, 52, 54 berfungsi sebagai pertokoan, arsiteknya belum diketahui, tahun pembuatan pada 1910 – 1920.

Heritage di Simpang Empat Jalan ABC

Bangunan lain yang juga diperkirakan sudah berumur adalah Toko Bintang Mas. Toko ini  berada di Jalan ABC No. 28, tepatnya di salah satu sisi simpang empat Jalan ABC, Jalan Alkateri, dan Jalan Suniaraja. Toko ini menjual jam-jam yang bermerek, salah satunya adalah bermerek Seiko. Di bagian atas pintunya masih tercantum logo dan nama toko yang bergaya lama. Bahkan nomor teleponnya hanya empat nomor saja, yakni 4430.

Di belakang toko ini terdapat gang atau jalan kecil yang disebut Jalan ABC Kecil yang terdapat pedagang kaca mata grosiran maupun eceran. Di sini juga ada beberapa toko dan pedagang kaki lima yang berjualan jam tangan. *

Sebagian bahan diambil dari sepanjangjk.wordpress.com/2012/02/10/pertokoan-lama-di-jalan-abc-bandung/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “Heritage yang Masih Banyak Bediri di Kawasan Jalan ABC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.