Awas Kaus C59 Palsu! Itu Peringatan dari Produsen Kaus Tersebut

PENGELOLA kaus  c59 memasang peringatan terkait pemalsuan produk kaus tersebut yang  beredar di mana-mana. Sampai-sampai dalam laman resminya c59.co.id, di postingan yang selalu  berada di paling atas, tertulis seruan buat para konsumen c59 agar berhati-hati saat  berbebalan kaus merek ini.

Ada yang aneh dalam postingan tersebut. Dalam tanggal postingan tertulis 1 Januari 2016.  Seruannya seperti ini, “Jangan mudah tergiur dengan iklan atau promosi yang seolah-olah  menyediakan dan menjual kaus polos dengan merek c59.”

Kaus produk C-59. | Foto c59store.com
Kaus C-59. | Foto c59.co.id

Selanjutnya disebutkan c59 tidak pernah menyediakan dan menjual kaus polos di toko manapun  secara eceran maupun grosiran dapatkan produk asli c59 hanya di showroom dan outlet resmi.  Kunjungi website resmi kami hanya di c59.co.id dan c59store.com.

C59 sendiri tidak pernah memusingkan pemalsuan tersebut. Lewat Dirut PT C59 Marius Widyarto  Wiwied, atau yang sering disapa Wiwied, dalam sesi wawancara dalam acara Solusi Rhenaldi  Kasali, mereka tak mau dipusingkan dengan urusan hukum terkait pemalsuan. Menurutnya lebih  baik mereka terus berproduksi dan berinovasi.

Ketika masih jarang industri rumahan di Kota Bandung merek c59 memang sudah beken terlebih  dahulu. Kehadiran distro-distro yang menjual produk clothing pun belum mampu sepenuhnya  menggeser merek yang sudah mulai dikenal pada akhir 1980-an itu.

Pengekor-pengekornya yang terang-terangan memalsukan mereka c59 atau yang memproduksi kaus  serupa tapi tidak sama dengan c59 mulai bermunculan. Ada yang bisa bertahan lama, tapi ada  juga yang tak mampu bersaing.

Wiwied memulai usaha kaus bermerek c59 ini pada 12 Oktober 1980. Dia bermodalkan awal sebesar  Rp. 2.500.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli 2 unit mesin jahit dan 1 unit mesin  obras, juga bagi modal kerja untuk belanja bahan baku dan upah.

Wiwied mendapatkan modal tersebut bukan hasil meminjam dari bank atau lembaga keuangan  lainnya, tetapi dia lebih memilih untuk menjual kado perkawinan Wiwied dengan Maria Goreti  Murniati pada 1980.

Wiwied memulai ide kreatifnya dengan label perusahaan C59. C59 adalah alamat tempat tinggal  Wiwied dan istrinya, di Jalan Caladi No.59 Bandung. Pada awalnya C59 melayani pesanan T-shirt bergambar yang pengerjaannya masih manual, belum menggunakan komputer seperti sekarang.

Sebelum membuat produk kaus bermerek C59, Wiwied kerap membuat kaus berdasarkan pesanan dari  klien dan teman-temannya. Usaha itu terus ditekuni hingga akhirnya dia memutuskan untuk  membuka C59 di rumahnya.

Dalam laman c59.co.id disebutkan, c59 mengajak siapa pun yang tertarik untuk memulai usaha T- shirt. Ada program “Wisata Kreatif C59”, para pengunjung akan melihat video profile C59, dan  akan melihat secara proses produksi pembuatan T-Shirt secara keseluruhan. *

Sejarah Kaus C59

  • 1980 Kaus C59 berdiri
  • 1985 Mulai terkenal di Bandung dan Jakarta
  • 1990 Membangun pabrik dan took retail (showroom) yang pertama di Jalan Tikukur No. 10
  • 1993-1994 Jadi Perseroan Terbatas (PT). Marius Widyarto Wiwied sebagai Direktur Utama.  Pada periode ini juga C59 melakukan ekspansi ke beberapa kota di Indonesia, dengan mendirikan  took sendiri dan menjalin kerja sama dengan Ramayana Depart Store sebagai saluran distribusi  yaitu Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, Ujung Pandang, Lampung, Malang.
  • 1996 Memperoleh penghargaan Upakarti untuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM)
  • 1999 Memenangkan penghargaan internasional Merit Award untuk kategori tema Kalender Terbaik
    (Best Calender Theme)
  • 2000 Pada usianya yang ke-20 C59 mulai memasarkan produknya ke Eropa seperti ke Ceko, Slovakia  dan Jerman. Pada tahun ini juga menjalin kerja sama dengan Matahari Department Store.
  • 2001 Memperoleh peringkat pertama di ajang penghargaan Enterprise 50 (50 UKM Nasional Terbaik)  yang diselenggarakan oleh Accenture dan Majalah SWA
  • 2002-2003 PT. Caladi Lima Sembilan andil peran dalam tren para kawulamuda, dengan mengadakan  C59 Street Fiesta, yang digelar di 3 kota besar dijawa, antara lain Bandung, Surabaya,  Yogyakarta
  • 2004 Sesuai selogannya “Express Your Style”, C59 ikut ambil bagian dalam mengekspresikan music  anak muda, dalam saing Indonesian Idol, berkerjasama dengan sebuah RCTI dan Fremantle Media  Enterprises, Ltd.
  • 2007 Mendapat penghargaan Hade Award dari dinas perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative  Independent Clothing Kommunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat.

Sumber: indrianipratiwi.wordpress.com dan youtu.be/EOfxiFIskBY

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.