Wisata Bandung Selatan, Jalur Banjaran-Pangalengan

JIKA sudah memastikan  wisata  Bandung Selatan sebagai tujuan  sebaiknya pilih tempat wisata yang paling tepat. Selain tempat wisatanya berjauhan, juga jangan sampai ke cewa ketika sampai ke tempat yang sudah ditentukan ternyata tidak sesuai dengan keinginan.

Kawasan wisata Bandung Selatan mana yang akan dipilih? Mau ke Pangalengan atau ke Ciwidey? Kedua kawasan ini sangat berjauhan. Jadi sebaiknya tentukan mana yang akan dipilih sebelum berangkat.

Kalau akhirnya memutuskan memilih kawasan Pangalengan, pilihan ini tidak salah. Di Pangalengan banyak pilihan wisata Bandung Selatan yang menarik. Bahkan di sepanjang jalur sebelum sampai ke Pangalengan ada beberapa tempat wisata. Di sepanjang jalur Dayeuhkolot hingga ke Pangalengan terdapat wisata alam menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata Bandung Selatan yang pertama adalah Kampung Batu. Kampung ini terletak di Jalan Raya Banjaran, Kampung Bojong Cibodas, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah. Di sini banyak wahana yang membikin wisatawan betah, seperti perahu untuk mengarungi danau yang dikelilingi bukit batuan.

Wisata Bandung Selatan
Situ Cilenca di Desa Wrnasari. Pangalengan, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung

Di danau itu juga, terdapat wahana flying fox yang membentang di atas tengah-tengah danau. Tak jauh dari danau ada water boom yang bisa membikin anak-anak kerasan bermain di sana. Wisata pun bisa memberi makanan pada hewan seperti sapi. Di sana juga bisa mendapatkan penjelasan mengenai cara berternak.

Dari Kampung Batu, wisata Bandung Selatan bisa berlanjut ke Banjaran. Tak jauh dari kota kecamatan ini ada Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung. Di sana ada bumi perkemahan Gunung Puntang. Wisata alam ini bisa memberikan kesegaran bagi para pengunjungnya. Jika tertarik pada sejarah di sini selain ada goa Belanda juga terdapat reruntuhan pemancar radio buatan Belanda.

Kalau masih ada waktu dan senang hiking sebaiknya jangan melewatkan curug Siliwangi yang berada di ketinggian lebih dari 1200 mdpl. Para wisatawan bisa menimati perjalanan melalui jalan setapak melewati hutan yang masih rimbun sebelum mencapai curug tersebut.

Wisata Bandung Selatan di Pangalengan

Wisata Bandung Selatan masih belum selesai. Tak jauh di Gunung Puntang ada Taman Bougenville. Taman ini merupakan resor rekreasi yang berhawa sejuk. Di sini pengunjung bisa menikmati taman alam, kolam renang, alur luncur & waterboom, dan arena bermain anak. Taman Bougenville juga menyediakan 6 buah Villa yang disewakan.

Wisata Bandung Selatan berlanjut ke Pangelangan. Keluar dari Jalan Gunung Puntang, wisatawan bisa belok ke kiri menuju arah Pangalengan. Di Pangalengan wisatawan bisa mengunjungi Situ Cilenca, peternakan susu Koperasi Bandung Selatan, belanja makanan yang berbahan susu, perkebunan teh Gunung Malabar, serta makam dan rumah K.A.R Bosscha. Tempat-tempat itu tersebar di Pangalengan dan jarak masing-masing lumayan berjauhan.

Bagaimana? Tertarikkah untuk melakukan wisata Bandung Selatan? *

http://bandung.panduanwisata.id/files/2011/08/situ-cileunca3.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.