Warung Kopi Purnama, Tempat Favorit Penikmat Kopi

BAGI penggemar kopi, jangan lupakan Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri. Warung kopi ini sudah lama berdiri sekitar  1930. Bagi yang sudah berusia lanjut sangat cocok bernostalgia mengenang masa-masa muda di sini. Tapi bagi kaum muda tempat ini juga cocok untuk nongkrong dan kongko-kongko.

Pendiri warung ini Yong A Thong yang hijrah dari kota Medan ke kota Bandung sekitar abad ke-20. Pertama kali berdiri nama warung kopi ini Chang Chong Se yang berarti “Silakan Mencoba”.

Baru pada 1966 berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama. Sekarang warung kopi  ini sudah diteruskan pengelolaannya oleh generasi ke-4. Usianya bisa begitu panjang karena pengelolanya mempertahankan cita rasa zaman dulu.

Dalam sejarahnya warung kopi yang dekat dengan Pecinan Kota Bandung kerap dijadikan tempat nongkrong dan kongko-kongko Tionghoa. Mereka juga ngopi sambil mendengarkan pertandingan sepak bola lewat radio.

Menu yang dijual di sini di antaranya  roti selai srikaya, roti dadar ham sampai lumpia goreng, bubur ayam, gado-gado, bacang, nasi lengko, nasi ayam (chicken rice). Sedangkan minumannya adalah  teh tubruk, kopi tubruk, kopi susu panas, es kopi susu, dan es kelapa muda.

Yang unik dari sini adalah roti isi selai Srikaya yang merupakan resep warisan asal Medan. Menu ini menjadi favorit pengunjung Warung Kopi Purnama.

Adapun kopi yang ditawarkan warung ini adalah  Kopi Aroma yang punya cita rasa khas. Pabrik kopi Aroma tidak jauh dari warung ini  yakni di Jalan Banceuy, yang termasuk kawasan Pecinan. Kopi ini menjadi favorit pelancong yang datang ke Bandung.

Untuk menuju ke warung ini tidaklah sulit bisa diakses dari Jalan Asia-Afrika bila menggunakan kendaraan. Dari Kantor Pos Besar tinggal lurus, lalu belok kanan  di belokan pertama, persis di Hotel Golden Flower. Sedangkan dari arah Jalan ABC bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh. *

WARUNG KOPI PURNAMA

Alamat: Jalan Alkateri No. 22, Bandung
No. Telp: (022) 420 1841
Operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-19.00

SUMBER: tikatheexplorer.wordpress.com

 

https://youtu.be/kqY-Du3wm_Q

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!