Virtual Reality Light Rapid Transportation di Bandung Planning Gallery

DI tulisan bagian pertama sudah disebutkan beberapa area yang bisa dilihat para pengunjung Bandung Planning Gallery. Masih ada area menarik lainnya yang harus dilihat dan sekaligus dicoba, salah satunya adalah virtual reality light rapid transportation (LRT).

Perangkat ini berada di area Solusi Kota Pintar dan Maket Pusat Kota Bandung. Di area ini pengunjung bisa menggunakan perangkat virtual reality. Lewat perangkat itu pengunjung bisa menyaksikan light rapid transportation (LRT) yang sudah jadi seperti nyata, seolah-olah di bawa ke stasiun hingga melihat LRT yang melintas.

Sebelum menggunakan perangkat virtual reality, sebaiknya baca petunjuk yang ada di dinding. Di petunjuknya lengkap, seperti pemakaian headset yang benar, dan peringatan bahwa yang menggunakan alat tersebut bisa saja merasakan mual.

Puas Merasakan Virtual Reality

Setelah puas merasakan dan melihat langsung “LRT”, silakan lanjutkan ke area Bandung Teknopolis. Di sini pengunjung bisa langsung mendapatkan keterangan mengenai rencana besar tersebut. Pengunjung bisa lebih mengerti apa yang dimaksud dengan Bandung Teknopolis yang bakal dibangun di kawasan Gedebage.

virtual reality LRT
Siswa SMP di Bandung mencoba alat virtual reality LRT di Bandung Planning Galerry, Jalan Aceh. | Foto serbabandung.

Nah dekat area Bandung Teknolpolis ada ruangan berbentuk kubah. Di dinding kubah tersebut tertempel kertas warna-warni yang telah ditulisi oleh para pengunjung. Isinya macam-macam, ada yang berharap, memuji, hanya sekadar menyapa, dan lain-lain. Area ini disebut area apirasi. Siapa pun boleh menulis di secarik kertas yang telah disediakan kemudian tempelkan di dinding kubah.

Setelah dari sana bisa berlanjut ke area kontemporer. Di sini pun pengunjung bisa menuliskan komentar mengenai Kota Bandung di sehelai kertas yang tersedia di depan monitor. Area ini merupakan area terakhir yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Sebelum meninggalkan gedung ini, jangan lupa mengembalikan kartu yang diberikan oleh resepsionis saat awal datang. Jangan lupa juga barang bawaan yang dititipkan di konter.

Bandung Planning Gallery di Jalan Aceh 36, Bandung, buka setiap hari pukul 09.00-16.00. Hari Minggu dan hari libur nasional tutup. Untuk pengunjung berjumlah 10 orang ke atas harus pesan waktu di laman bdgplanninggallery.com atau ke Bandung Planning Gallery. Pengunjung tidak pungut biaya alias gratis. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.