Tunas Kelapa Pramuka Diabadikan Lewat Tugu di Jalan Riau

TUGU yang sering dilalui waisatawan yang ke Jalan LLRE Martadinata (Jalan Riau) dari arah Jalan Ahmad Yani adalah Tugu Tunas Kelapa Pramuka atau sering disebut Tugu Kitri. Tugu ini tepat berada di seberang Taman Pramuka. Monumen tersebut diresmikan pada 16 juni 2008 oleh Pemerintah Kota Bandung yang kala itu Wali Kotanya masih Dada Rosada.

Tugu Tunas Kelapa Pramuka berada di tengah kolam yang berbentuk segi panjang. Kolam itu dilengkapi air mancur, namun pada Kamis (19/10/2017) siang, air mancurnya sedang tidak aktif. Air kolamnya yang berwarna kehijauan menampung tintik hujan yang terjadi siang itu

Kolam di Tugu Tunas Kelapa Pramuka  tersebut dikelilingi pagar tumbuhan dan tanaman bunga bakung warna merah hati. Di bagian lain terdapat kursi-kursi untuk para pengunjung yang ingin menikmati taman tugu tersebut. Taman ini diapit Jalan LLRE Martadinata, Jalan Gandpura, dan Jalan Aceh.

Kitri atau tuna kelapa adalah lambang Pramuka. Lambang ini diciptkan Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh pramuka. Kitri mulai dipergunakan sebagai identitas tetap Pramuka sejak tanggal 14 Agustus 1961.

Tugu Tunas Kelapa Pramuka di Bekas SPBU

tunas kelapa pramuka
Tugu Kitri di Jalan LLRE Martadinata, Bandung. | Foto serbabandung

Di Wikipedia disebutkan ketika itu Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugrahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Taman Tugu Kitri berdiri di bekas Stasiun Pengsian Bahan Bakar Umum (SPBU). SPBU tersebut merupakan satu-satunya di kawasan Riau. Ada kisah horor yang beredar, dalam blog terekamkamera.blogspot.co.id dikisahkan warga sering melihat penampakan hantu seorang prajurit yang menunggangi kuda tanpa kepala.

Tadinya di sepanjang jalan ini ada dua SPBU. SPBU yang satu lagi dekat Jalan Ahmad Yani pun telah berubah fungsi menjadi taman kota.

Dekat dengan taman tersebut terdapat restoran yang menjadi favorit warga Bandung. Di seberang tugu ini terdapat restoran Iga Bakar Mas Giri. Ke arah dekat Jalan Aceh ada restroan UpNormal yang menyajikan inovasi mi instan. Bagi penggemar Pizza di belokan Jalan Gandapura ada waralaba makanan Italia terkenal yakni Pizza Hut.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.