Toko Kue Bawean Menjual Nougat Roll yang Melegenda

TOKO  Kue Bawean termasuk toko kue yang telah lama berdiri di Kota Bandung. Toko ini berdiri pada 3 Juli 1946. Awalnya bernama  Sweetheart. Tokonya  terletak di Jalan Sumatera No. 5 Bandung.

Toko ini  adalah perusahaan keluarga yang dirintis Tedja Kusmana.  Dalam laman pastrynbakery.com dikisahkan saat itu toko kue Sweetheart tidak memiliki banyak karyawan. Tedja, bapak enam anak ini, mempekerjakan semua anaknya secara gotong royong. Setiap anak memiliki tugas masing-masing, mulai dari produksi hingga packaging.

Nougat Roll (bolu gulung) Toko Kue Bawean Bandung. | baweansweetheart.com
Nougat Roll (bolu gulung) Toko Kue Bawean Bandung. |Foto baweansweetheart.com

Pada 1974  toko kue ini pindah ke jalan Bawean No. 4 Bandung.  Herdy Kusmana sebagai penerus Toko Bawean terus mengembangkan usaha tersebut. Di tangan Herdy Toko Bawean mengalami perkembangan. Namun Herdy tetap mempertahankan citarasa kue jaman dulu.

Nama Sweetheart diganti menjadi Toko  Bawean pada 1995. Penggantian nama untuk memenuhi anjuran pemerintah yang melarang pengunaan nama asing.

Sebelumnya pada 1992 gerai Toko Bawean membuka gerai di jalan L L RE. Martadinata No. 140, Bandung. Selain di Bawean dan di Martadinata toko kue ini pun membuka gerai di Jalan Gandapura.

Pada 2002, Edwin L. Kusmana, putra  pertama Herdy, menerima tongkat estafet  untuk mengelola Toko Bawean.Di tangan pria bergelar S2 ini, Toko Bawean banyak mengalami perkembangan.

Edwin mulai memproduksi produk baru tanpa menghentikan produksi kue-kue lama. Produk baru tersebut untuk konsumen generasi sekarang.  Edwin meluncurkan produk premium seperti Opera, aneka cheesecake, Tutti Frutti Cookies, Choc Chip Cookies, hingga Macarons.

Toko Kue Bawean Terima Beberapa Penghargaan

Selama berdiri  Toko Bawean telah menerima beberapa penghargaan.  Pada September 2004 toko ini  menerima penghargaan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, sebagai “ Toko Kue Yang Tetap Mempertahankan Resep Tradisional”.

Penghargaan lainnya diterima Toko Bawean  pada bulan September 2006. Kali ini penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai “Pemrakarsa dan Pembuat Bolu Gulung (Nougat Roll) Terpanjang.”

Nougat Roll merupakan kue favorit penggemar kue buatan Toko  Bawean. Bolu gulung ini merupakan kue legenda berbahan utama vanilla, vla dan rum. Kemudian yang juga menjadi andalan lainnya adalah Chocolade Wafel, Mocca Boomstam, dan Mocca Taart. *

Gerai Toko Bawean

Jln. Bawean No. 4
Tlp: 022 420 5471 Fax: 022 420 1453
Bandung 40113

Jln. L.L.R.E. Martadinata No. 140
Tlp/Fax: 022 720 4131
Bandung 40114

Jln. Gandapura No. 43
Tlp: 022 421 2229 Fax: 022 421 0229
Bandung 40113

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.