Toko Kain Cigondewah di Bandung yang Menjual Kain Kiloan

CIGONDEWAH adalah kawasan wisata belanja di Bandung Selatan. Tepatnya berada di Jalan Cigondewah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Di Toko Kain Cigondewah ditawarkan berbagai jenis kain yang harganya terjangkau. Bahkan kain di sini bisa dibeli oleh konsumen secara kiloan.

Banyak pilihan di Toko Kain Cigondewah. Kain-kain tersebut ada yang dijajakan di toko-toko di tepi jalan. Ada juga yang dijual di toko-toko yang konsepnya pusat pertokoan. Beberapa toko di sana berjejer, semuanya menawarkan kain berbagai jenis yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Pusat pertokoan tersebut ada beberapa di jalan tersebut. Satu di antaranya adalah Kawasan Textile Cigondewah. Kawasan tersebut memiliki lahan parkir yang cukup luas. Toko-tokonya pun menawarkan kain lokal dan impor. Pembeli di kawasan ini bisa beli eceran dan partai besar.

Kamis (27/6/2019) sore, pengunjung ke Kawasan Textile Cigondewah tak begitu banyak. Hanya beberapa mobil yabg terparkir di sana. Begitu juga sepeda motor jumlahnya tak menghabiskan lahan tempat parkir kedaraan roda dua tersebut. Sore itu, sebagian toko-toko di sana sudah ditutup pemiliknya.

Toko-toko di tepi jalan pun sudah banyak yang tutup. Kalau pun ada yang buka, toko itu tidak ada pengunjungnya. Hanya penjual yang ada di toko-toko itu. Ada yang berdiri, duduk, dan ada yang memainkan handphone.

toko kain cigondewah
Sentra kain Cigondewah di Jalan Cigondewah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com

Kendati demikian, kendaraan yang melewati Jalan Cigondewah cukup banyak. Di persimpangan Cigondewah dan Taman Holis sering tersendat karena menunggu giliran lampu merah. Jalan yang hanya cukup untuk kendaraan roda empat itu sedikit basah karena sore itu baru saja hujan turun.

Sentra Toko Kain Cigondewah Dekat Taman Kopo Permai

Sentra kain Cigondewah berbatasan dengan Taman Kopo Indah/Cibolerang di sebelah selatan. Sedangkan di sebalah barat berbatasan dengan daerah Cijerah dan Margaasih. Untuk ke Cigondewah bisa melalui Jalan Holis atau Taman Kopo Indah.

Dalam laman bedanews.com disebutkan sentra kain di Cigondewah mulai berkembang pada 1990. Disebutkan, H. Aep adalah pelopor bisnis kain di kawasan tersebut. Pria yang ditulis Bedanews.com hanya lulusan SD. Dia menjual potongan-potongan kain yang dibuang pemiliknya. Bisnisnya ini terus berkambang dan diikuti oleh tetangga, dan orang yang mengendus bisnis ini.

Di laman lain, bandungtourism.com, disebutkan pelopornya adalah H Kohir. Ditulis laman tersebut kawasan Cigondewah tadinya merupakan sentra karung-karung bekas. Tidak dijelaskan mengapa sentra tersebut berubah menjadi sentra kain. Dalam laman tersebut disebutkan perubahan tersebut terjadi pada awal 1990-an.

Dalam laman sentraindustribandung.com ditulis di sentra tersebut terdapat tidak kurang dari 43 perajin pakaian. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 483.000 lusin dengan nilai investasi Rp. 1,53 miliar dan menyerap tenaga pekerja sebanyak 116 Orang.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.