Terminal Cicaheum yang Dianggap Sudah Tidak Layak

TERMINAL di Kotra Bandung ada dua, yang pertama Terminal Leuwipanjang, dan yang kedua adalah Terminal Cicaheum.  Kedua terminal ini meski masuk dalam kategori besar, dianggap sudah tidak memadai lagi untuk menampung armada bus yang datang dan pergi ke terminal tersebut.

Pemerintah Kota Bandung pernah berencana memindahkan kedua terminal tersebut ke terminal terpadu di Gedebage. Namun rencana tersebut hingga tulisan ini dibuat belum terlaksana. Edi Siswadi yang saat menjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung pernah mengatakan keberadaan terminal terpadu sangat mendesar.

Terminal Cicaheum Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Terminal Cicaheum Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

“Itu sebagai salah satu upaya untuk menata sistem transportasi di Kota Bandung,” ujar Edi saat membuka acara Lokakarya Kajian Awal Pra Studi Kelayakan Pembangunan Terminal Terpadu Gedebage di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Bandung, seperti dikutip infobdg.com, Senin (17/9/12).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) juga pernah melontarkan rencan revitalisasi kedua terminal tersebut di berbagai media massa. Emil memiliki gagasan terminal jangan terbuka tapi harus tertutup seperti gedung.

“Kalau seperti gedung,  di bawah dan atasnya bisa dibangun restoran dan supermarket,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Terminal Cicaheum Jalan AH Nasution Kota Bandung, seperti dikutip fokusjabar.com,  Rabu (23/7/2014).

Di Terminal Cicaheum Juga Ada Terminal Angkot

Sekarang Terminal Cicaheum yang terletak di Jalan AH Nasution masih digunakan untuk titik keberangkatan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam  Provinsi  (AKDP) ke arah timur seperti Tasik, Garut, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan bahkan ke Bali.

Terminal angkutan kota (angkot) juga ikut menopang keberadaan terminal bus di sini. Beberapa trayek yang menyebar ke penjuru kota Bandung mudah didapat. Letaknya berada di belakang terminal bus.  Terminal Cicaheum mulai beroperasi pukul 05.00 WIB dan untuk angkutan kota (angkot) sebagian besar beroperasi 24 Jam.

Selain  terminal di kawasan Cicaheum juga terdapat pasar tradisional yang letaknya di belakang terminal. Di depan terminal terdapat pertokoan yang menjual berbagai keperluan harian masyarakat. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.