Tempat Motong Sapi atau RPH Milik Pemerintah di Kota Bandung

TEMPAT motong sapi atau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) ada beberapa di Bandung. Tempat potong hewan tersebut tidak hanya milik pemerintah tetapi juga ada pemilikannya oleh swasta. Rumah pemotongan hewan milik swasta ada di Jalan Margacinta dan Jalan Cijaura.

Tempat motong sapi yang besar ada di Jalan Arjuna No. 45. Tempatnya tidak jauh dari Pasar Jatayu, tempat penjualan barang-barang bekas. Rumah Potong Hewan ini berstandar internasional setelah mengalami perbaikan pada 2012.

Perbaikan harus dilakukan karena Kota Bandung terancam tidak mendapatkan suplai sapi impor. Australia yang biasa mengimpor sapi ke Indonesia mengancam akan menghentikan pasokan jika RPH tidak berstandar nasional.

tempat motong sapi
Rumah otong hewan Jalan Arjuna, Bandung. | Foto serbabandung.com

Bangunan ini terbagi tiga bagian. Bagian tengah gedung ini menjadi kantor. Bangunan di sebelah kirinya tempat motong sapi dan ayam, sedangkan untuk pemotongan babi di gedung sebelah kanan. Gedung ini dibangun pada 1933. Pada 1988 sebagian kecil bangunan ini sempat direnovasi.

Rumah Pemotongan Hewan lain ada di Jalan Koppo, Cirangrang. Tempat pemotongan hewan ini berada di tepi jalan. Sapi-sapi kadang terlihat ketika melalui jalan yang sering dilanda kemacetan ini.

Tempat Motong Sapi di Ciroyom

Tempat pemotongan hewan juga ada di Pasar Ciroyom. Pemotongan hewan di sini sempat terhenti ketika harga daging membumbung. Namun sejalan dengan berangsur membaiknya harga dading di pasaran, pemotongan hewan terutama sapi terus dilakukan.

Dalam sebuah jurnal penelitian Disan Narundhana, Rochadi Tawaf, dan Hasni Arief, dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran berjudul “Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemotoangan sari di Rumah Potong Hewan (RPH) Pemerintah Kota Bandung”, disebutkan
Rumah Potong Hewan adalah suatu bangunan atau kompleks bangunan dengan desain dan syarat tertentu yang digunakan sebagai tempat pemotongan hewan untuk menghasilkan daging bagi konsumsi masyarakat umum.

Disebutkan dalam jurnal tersebut, jumlah pemotongan sapi di RPH Kota Bandung pada Tahun 2014 sebanyak 26.176 ekor dengan perbandingan 94,8% sapi impor dan 5,2% sapi lokal (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, 2015).

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.