Taman Bunga Cihideung Menawarkan Bunga-bunga Indah

TAMAN bunga Cihideung adalah argowisata yang terletak di kawasan Lambang. Tepatnya berada di Desa Cihideung, Porongpong, Lembang, Bandung Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh, sekitar 4 km, dari Jalan Setiabudi. Untuk ke lokasi Taman Bunga Cihideung atau yang sering disbut argowisata ini bisa di akses dari Jalan Sersan Bajuri. Jalan tersebut tepat berada di depan Terminal Ledeng.

Jalan yang terus menanjak dan untungnya beraspal mulus menambah cepat mencapai lokasi taman bunga Cihideung. Sebelum masuk ke argowisata tersebut, tepat di atas gapura batas kota, terdapat gapura yang berbentuk bando bertuliskan “Selamat Datang di Argowisata Cihideung.

Mulai dari sana tanaman-tanaman mulai terlihat di tepi jalan yang hanya cukup untuk kendaraan roda empat. Tanaman hias dan bunga berwarna-warni terlihat rapi di sepanjang jalan. Bunga-bunga yang ditanam di Desa Cihideung, antara lain krisan, mawar, herbras, mawar avalan, dewi ratih, aster, dan banyak lagi.

Tanaman dan bunga-bunga tersebut bukan hanya pajangan, melainkan oleh pemiliknya dijual. Untuk bunga mawar dijual perpolybag. Per polybag, penjual bunga di sana menawarkan Rp 5.000 perpolybag. Mawarnya dari berbagai jenis dan warna. Di sana juga yang menjual bunga aster yang dijual sesauai kebutuhan

taman bunga cihideung
Taman bunga Cihideung di kawasan Lembang. | Foto serbabandung.com

Bunga tersebut tidak hanya dijual kepada pendatang ke taman bunga Cihideung. Namun ada yang dijual ke kota-kota lain dai Pulau Jawa dan bahkan Sumatra. Seperti bunga mawar banyak yang dikirim ke Jakarja dan Sumatra. Bunga-bunga tersebut ada yang dipergunakan untuk hiasana maupun dekorasi. Ada yang disimpan secar utuh ada juga yang dipotong-potong.

Luas Taman Bunga Cihideung 50 Hektare

Untuk mengembangkan bunga-bunga di Cihidueng, para petaninya biasanya melakukan perkawinan silang dengan varietas lain. Biasanya biji Bunga di taman ini, didapat dari luar daerah Cihideung. Hal tersebut sempat terlihat dilakukan oleh seorang petani bunga di Cihideung pada Sabtu (21/4).

Sebagian besar penduduk Desa Cihideung berprofesi sebagai petani bunga. Namun warga di sana juga ada yang menanam tumbuhan lain seperti mangga, jeruk, pepaya, dan banyak lagi.

Luas lahan yang dijadikan taman bunga di Desa Cihideung sekitar 50 Ha. Lokasi taman bunga berada di sekitar 4,7 kilometer dari jalan Setiabudi-Sersan Bajuri dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (dpl) koordinat: 650’ 12” S, 107 35’ 41” E.

Di lahan perkebunan bunga tersebut terdiri dari 17 RW dan 60 RT dengan jumlah penduduk 12916 orang. Topografi dan pemanfaatan tanah bentang wilayah desa Cihideung mencapai 60.262.398 dengan luas sekitar 445,402 Ha/m2, terletak pada daerah pegunungan sampai lereng gunung.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.