Stadion Persib, Kawah Candradimuka Pemain Muda Bandung

SIAPA tak kenal Ajat Sudrajat, Robby Darwis, Sutiono, Sobur, Iwan Sunarya, Adeng Hudaya, atau seabreg nama lainnya. Mereka inilah yang pernah mengharumkan nama Persib Bandung. Sebelum menjadi bintang nama-nama tersebut harus melalui tempaan, yang salah satunya harus mengikuti  kompetisi intern. Kompetisi intern Persib biasanya diselenggarakan di Stadion Persib. Mereka setidaknya pernah merasakan ditempa baik sebagai pemain maupun pelatih di stadion ini. Generasi ke generasi lahir bersama perjalanan Persib yang berhasil menjadi salah satu tim terbaik di Indonesia.

Stadion Persib adalah stadion yang berada di tengah kota. Letaknya di Jalan Ahmad Yani. Stadion ini milik Pemerintah Kota Bandung. Sampai sekarang masih digunakan untuk latihan dan pertandingan U-19 atau U-21, serta beberapa laga lainnya.

Stadion ini memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya menghasilkan permain-pemain bermutu. Stadion ini  merupakan warisan Belanda. Dulu namanya Sidolig. Sidolig merupakan singkatan dari “Sport in de Openlucht is Gezond” yang artinya “olahraga di udara terbuka adalah sehat”.

Lapangan yang dibangun tahun 1933  merupakan tempat perkumpulan sepak bola yang dimotori oleh orang Belanda, yakni Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO). Mereka sepenuhnya menguasai lapangan tersebut.

Persib sendiri sebagai tim pribumi berlatih di lapangan Tegallega dan lapangan Ciroyom. VBBO menganggap Persib adalah tim pinggiran. Namun pada sebuah pertandingan Persib justru unggul. Dari situlah tim ini mulai dilirik, tim seperti UNI dan Sidolig yang tergabung VBBO memutuskan merapat ke Persib. Persib pun akhirnya bisa berlatih di lapang UNI (Karapitan, sekarang sudah dibangun untuk apartemen), Sidolig, dan Sparta (Stadion Siliwangi).

Stadion Persib Direnovasi Pada 2013

Stadion ini direnovasi pada 2013 dengan menghabiskan anggaran Rp 1,25 miliar. Bagian yang direnovasi di stadion itu di antaranya adalah mes dan stadion, yakni mencakup pengecatan ulang, perbaikan sistem saluran air, serta pembenahan sanitasi.

Persib kini tak bisa lagi menggunakan lapangan itu sebelum menyewanya pada pengelola stadion. Stadion ini memang bukan milik PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sebagai pengelola tim Persib Bandung.

“Terlebih saat ini Persib di bawah PT PBB, jadi harus ada prosedur kalau mau pakai lapangan,” kata pengelola Stadion Persib, Sudana kepada Persib.co.id di Stadion Persib, Sabtu (13/7/2013). *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.