Soto Ahri, Setia Gunakan Resep Pusaka Keluarga

SOTO Ahri, soto legendaris asli Garut ini menjadi buruan para penikmat kulinet di Bandung. Rasa dan penampilan yang berbeda membuat siapa pun ketagihan untuk mencicipi soto ini. Kedai soto ini berada di Jalan Buahbatu 235 di samping Toserba Borma.  Kedai soto ini berada di depan bank bjb. Kalau dari arah Jalan Soekarno Hatta berada  di sebelah kiri.

Soto yang berasal dari Garut ini sudah buka sejak 1943. Pendirinya adalah Haji Ahri pada tahun 1943. Usahanya yang terus berkembang ini diteruskan oleh anaknya Haji Endang. Kedai soto Ahri ini tidak pernah pindah sejak pertama kali berdiri. Lokasinya di Gang Harjo, Jalan Mandalagiri, Garut.

soto ahri
Soto Ahri Jalan Buahbatu, Bandung. | Foto Tribun Jabar.

Soto Ahri ini tiba di Bandung dibawa cucu Haji Ahri, Deden Agustian. Deden mencoba peruntungan memperkenalkan pusaka keluarganya di kota yang terkenal sebagai gudangnya kuliner. Sebelas tahun yang lalu, Deden menjual soto di pinggir Jalan Buahbatu.

Deden sempat menyewa sebuah tempat di gedung. Namun, usaha sotonya tak sesuai harapan. Dia pun memutuskan memindahkan kedai soto Ahri ke tempat yang dia tempati sampai sekarang. Mulai dari sana usahanya terus berkembang.

Apa rahasia Deden sehingga mampu mempertahankan keberadaan soto ini? Deden tidak muluk-muluk. Dia hingga sekarang tetap menggunakan resep pusaka keluarga. Mulai dari bumbu hingga cara memasak masih mempertahakan cata leluhurnya Haji Ahri.

Soto Ahri memiliki bumbu yang khas. Untuk menjaga keasliannya, Deden membawa bahan baku soto dari kota asalnya, seperti bumbu, sambal kering, kecap, dan kerupuk.

Cara memasak di kedai soto ini  masih menggunakan kayu bakar. Pembakaran dengan kayu bakar membuat aroma soto lebih wangi. Supaya soto tetap hangat, kuah soto dipanaskan menggunakan arang.

Satu mangkuk soto seharga Rp 25.000 (harga ini sewaktu-waktu bisa bisa berubah) terdiri dari potongan daging sapi, kuah soto, bawang goreng, seledri, dan kacang kedelai. Bagian daging sapi yang disediakan di sini ada sengkel, lidah, dan daging kepala.

Kedai Soto Ahri beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00. *

Sumber: jabar.tribunnews.com, cnnindonesia.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Soto Ahri, Setia Gunakan Resep Pusaka Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.